Senin 02 Nov 2015 21:53 WIB

Pemenang Bilik Sastra Award 2015 Kunjungi Dapur Republika

Red: Irwan Kelana
Pemenang Bilik Sastra Award 2015 mendengarkan penjelasan dari Redaktur Pelaksana Harian Republika Subroto.
Foto: Musiron/Republika
Pemenang Bilik Sastra Award 2015 mendengarkan penjelasan dari Redaktur Pelaksana Harian Republika Subroto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemenang Bilik Sastra Award 2015  berkesempatan mengunjungi Harian Republika Jakarta, Senin (2/11).  Keduanya adalah Susana Nisa, Buruh Migran Indonesia (BMI) Hongkong dan Agus Purwanto (BMI Malaysia).

Kedua penulis itu datang ke kantor Harian Republika didampingi oleh Kepala Seksi Program dan Produksi Wilayah Asia Pasifik dan Afrika Stasiun Siaran Luar Negeri (SLN) RRI Risal Rachim dan Kepala Seksi Kerja Sama Penyiaran SLN RRI Rita Asmara.

Rombongan dari Voice of Indonesia (VOI) RRI Siaran Luar Negeri itu diterima oleh Redaktur Pelaksana Harian Republika Subroto. Kepada dua penulis tersebut, Subroto menjelaskan, Harian  Republika memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pembaca setia Republika untuk  mengirimkan karyanya ke Republika.

“Ada beberapa rubrik di Harian Republika yang bisa diisi oleh orang luar, antara lain rubrik  Hikmah, Opini, Jalan-jalan, dan Sastra. Silakan Mbak Susana dan Mas Agus mengirimkan karya-karyanya ke Republika. Kami juga mengundang para BMI di berbagai negara untuk mengirimkan karya terbaik mereka ke Republika,” papar Subroto.

Seusai diskusi, Subroto mengajak rombongan dari RRI meninjau dapur redaksi Harian Republika. Di tempat tersebut, berkumpul para redaktur halaman/rubrik, desain, tim sosmed, dan redaktur bahasa. “Senang sekali bisa berkunjung ke Republika, apalagi bisa melihat langsung dapur redaksinya,” tutur Susana.

Hal senadan diungkapkan Agus Purwanto. "Senang banget bisa datang ke Republika. Apalagi saya bisa membeli buku-buku di Toko Buku Republika," kata Agus Purwanto. Toko Buku Republika menjual buku-buku yang diterbitkan oleh Republika Penerbit.

Bilik Sastra Award merupakan lomba penulisan cerita pendek yang diadakan oleh  Voice of Indonesia (VOI) RRI Siaran Luar Negeri, dan  dikhususkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri.

Umumnya mereka adalah buruh migran Indonesia (BMI), namun banyak juga pelajar dan mahasiswa, serta ibu rumah tangga.  Bilik Sastra Award  dilaksanakan setiap tahun, dan tahun 2015 merupakan yang kelima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement