Sabtu 07 Nov 2015 14:27 WIB

Menu Makan Malam Terakhir Titanic Dilelang

Red: Esthi Maharani
titanic
titanic

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS -- Sebuah menu dari makan malam terakhir yang disajikan kepada penumpang kelas satu kapal Titanic sebelum tenggelam pada 1912 dilelang pada Sabtu (7/11). Menu makan malam itu adalah salah satu artefak yang berhasil diselamatkan.

Daftar menu itu akan dilelang dalam acara yang juga menawarkan sepasang plat nomor dari limosin yang membawa Presiden John F. Kennedy melalui pusat Kota Dallas ketika ia dibunuh pada 22 November 1963.

Menurut Heritage Auctions tawaran pembukaan untuk plat nomor mobil itu adalah 40 ribu dolar sementara penawaran awal untuk menu makan malam itu mencapai 44 ribu dolar.

Dalam daftar menu itu terlihat bahwa para penumpang kelas satu Titanic dapat memilih tiram, steak filet mignon, bebek panggang, burung dara dan makanan lezat lainnya, yang diakhiri dengan hidangan penutup seperti puding Waldorf atau buah persik dalam jelly warna warni.

Selain menu itu, peninggalan Titanic lainnya yang dijual antara lain adalah telegram yang baru-baru ini ditemukan yang dikirim oleh Western Union kepada perusahaan kepemilikan kapal di New York. Isi telegram itu tak lain kabar bahwa Titanic telah menabrak gunung es dan dalam kesulitan.

"Tenggelam dengan cepat - segera datang membantu kami," demikian isi telegram itu.

Kapal mewah itu kandas di Samudera Atlantik setelah menabrak gunung es pada 15 April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York. sekitar 1.500 orang kehilangan nyawa mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement