Selasa 10 Nov 2015 10:15 WIB

Empat Cara Cegah Menstruasi Dini

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Sejak dini anak perlu diberi pengertian penting olahraga, salah satu fungsinya adalah mencegah menstruasi dini di anak perempuan.
Foto: pixabay
Sejak dini anak perlu diberi pengertian penting olahraga, salah satu fungsinya adalah mencegah menstruasi dini di anak perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut dokter spesialis gizi, Ririn Hariani, sangat penting bagi anak-anak pra remaja usia 7-9 tahun, untuk mengetahui cara agar tidak mengalami menstruasi dini. Cara-cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, menjaga berat badan. Jaga berat badan dan penuhi angka kecukupan gizi (AKG) yakni sebesar 2125 kkal per hari.

Perhatikan asupan makanan. Katanya, ssupan karbohidrat, protein, lemak dan makanan cepat saji harus diperhatikan. Sangat penting untuk membatasi makanan dan minuman manis yang berlemak, seperti kue tart, gorengan dan minuman bersoda.

Ketiga, anak dianjurkan lakukan aktivitas fisik rutin. Menerapkan olah raga teratur sejak dini juga tak kalah penting dilakukan, guna menyeimbangkan asupan kalori dan aktivitas fisik saat berolahraga. Lakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki, naik sepeda, senam aerobik dan lainnya 3 x 30 menit per minggu.

(baca; Kapan Mengajarkan Anak Olahraga)

Kemudian, beri pembekalan ke anak. Remaja putri juga perlu mendapatkan pembekalan pengaturan pola makan. Ini bisa di dapat melalui para pengajar di sekolah maupun orang tua di rumah, mengenai kanker payudara akibat menstruasi dini. Pembekalan ini juga tidak hanya berguna untuk mencegah kanker payudara, namun juga untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement