Sabtu 14 Nov 2015 09:18 WIB

Gempa 7 SR Sempat Goyang Jepang

Red: Dwi Murdaningsih
Alat pencatat gempa
Foto: antarafoto
Alat pencatat gempa

REPUBLIKA.CO.ID, MAKURAZAKI -- Gempa berkekuatan 7,0 SR menggunjang Jepang, Sabtu (14/11) pukul 06.00 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang menyatakan sumber gempa berasal dari kedalaman enam mil, sekitar 100 mil barat laut kota Makurazaki.

Dilansir dari Mirror, daerah yang terdampak gempa adalah 860 mil dari ibu kota Tokyo. Otoritas mengingatkan warga setempat untuk segera menjauh dari pantai.

Jepang terus berdamai dengan gempa besar yang melanda negara tersebut pada tahun 2011. Saat itu, gempa 9 SR memicu tsunami yang meneaskan lebih dari 18 ribu orang. Gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan pada reaktor nuklir Fukushima.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَتَرَى الشَّمْسَ اِذَا طَلَعَتْ تَّزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَاِذَا غَرَبَتْ تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِيْ فَجْوَةٍ مِّنْهُۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ ۗمَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا ࣖ
Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

(QS. Al-Kahf ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement