Kamis 10 Dec 2015 05:34 WIB

Astronom Saksikan 'Kelahiran' Dua Planet Jupiter

Red: Dwi Murdaningsih
ilmuwan mengklaim menyaksikan kelahiran planet yang mirip seperti Jupiter
Foto: Daily Mail
ilmuwan mengklaim menyaksikan kelahiran planet yang mirip seperti Jupiter

REPUBLIKA.CO.ID, Astronom menemukan sebuah 'dunia' baru dibentuk dalam sebuah sistem tata surya. Mereka mengklaim melihat dua planet seperti Jupiter dilahirkan. Planet-planet berjarak 335 tahun cahaya dari bumi ini dikelilingi oleh awan, gas dan debu yang membentuk lingkungan kelahiran mereka. Kedua planet ini sementara diberi nama HD100546b dan HD100546c. Kedua planet ini disaksikan menggunakan Gemini Planet Imager di Chile.

Dilansir dari Daily Mail, planet-planet ini berlokasi di sekitar bintang yang dikenal HD100546. Bintang ini juga dikenal sebagai KR Muscae. Bintang ini adalah bintang muda yang usianya seribu kali lebih muda dibandingkan usia matahari. Bintang ini dikelilingi oleh struktur berbentuk cakram gas dan demu yang disebut proto-planetary disk, yang bisa membentuk planet.

Ilmuwan Berhasil Tangkap Gambar Proses Lahirnya Planet

Para peneliti percaya proses yang terjadi akhirnya nanti akan berkembang menjadi seperti matahari dan planet-planet yang mengelilinginya. Dengan mempelajari bintang baru yang terbentuk bersama induknya, para astronom berharap bisa menjelaskan bagaimana terbentuknya tata surya kita yang terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Astronom dari University of Toronto Ryan Cloutier mengatakan ada kemungkinan planet raksasa tersembunyi di awan maupun gas sekitar bintang. Bintang HD100546 diperkirakan seribu kali lebih muda dibandingkan matahari. Bintang ini sangat mirip dengan HR 8799, sistem planet ganda yang ditemukan pada tahun 2007.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ اَتَيْتَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ بِكُلِّ اٰيَةٍ مَّا تَبِعُوْا قِبْلَتَكَ ۚ وَمَآ اَنْتَ بِتَابِعٍ قِبْلَتَهُمْ ۚ وَمَا بَعْضُهُمْ بِتَابِعٍ قِبْلَةَ بَعْضٍۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَاجَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ اِنَّكَ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۘ
Dan walaupun engkau (Muhammad) memberikan semua ayat (keterangan) kepada orang-orang yang diberi Kitab itu, mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan engkau pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat sebagian yang lain. Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah sampai ilmu kepadamu, niscaya eng-kau termasuk orang-orang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 145)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement