Sabtu 16 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Adolf Hitler Melarikan Diri ke Bunker

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Adolf Hitler
Foto: The Telegraph
Adolf Hitler

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini, 16 Januari 1945, Adolf Hitler melarikan diri ke dalam ruang bawah tanah selama 105 hari hingga akhirnya melakukan bunuh diri. Hitler pensiun setelah memutuskan untuk tetap berada di ruang bawah tanah saat pengepungan besar di Berlin.

Di sana, ia menghabiskan sebagian besar waktunya dengan sedikit manajemen yang tersisa dari pertahanan Jerman dan rekan Nazi seperti Hermann Goering, Heinrich Himmler, dan Joachim von Ribbentrop yang menghiburnya. Teman Hitler yang terus-menerus berada di sisinya selama ini adalah, Eva Braun dan Blondi.

Pada 29 April, Hitler menikahi Eva di bunker persembunyian mereka. Eva Braun bertemu Hitler saat bekerja sebagai asisten fotografer resmi Hitler. Ia menghabiskan waktunya dengan Hitler keluar dari pandangan publik, menghibur diri dengan bermain ski dan berenang.

Dia tidak memiliki pengaruh yang jelas terhadap karir politik Hitler, tetapi memberikan rumah tangga untuk kehidupan diktator. Setia sampai akhir, Eva menolak meninggalkan bunker.

Beberapa jam setelah mereka bersatu dalam pernikahan, Hitler dan Eva bunuh diri. Sebelumnya, petugas memperingatkan Rusia sekitar satu hari lagi akan menyalip kanselir dan mendesak Hitler melarikan diri ke Berchtesgarden. Di sebuah kota kecil Pegunungan Alpen Bavaria itu Hitler memiliki rumah.

Bukannya memilih melanjutkan hidupnya, ia dan istrinya justru menelan kapsul sianida (yang telah diuji untuk membunuh anjing dan anak-anak tercintanya). Untuk memastikan kematiannya, Hitler menembak dirinya sendiri dengan pistol.

Selanjutnya: Museum Nasional Inggris Dibuka

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement