Senin 25 Jan 2016 10:38 WIB

Periksa Tahi Lalat untuk Cegah Risiko Kanker Kulit

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Periksa tahu lalat untuk hindari risiko kanker kulit
Foto: Healthliving.
Periksa tahu lalat untuk hindari risiko kanker kulit

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum dan juga paling mungkin dicegah. Tanda-tanda kanker kulit biasanya terlihat lebih jelas dibandingkan dengan kanker lain. Misalnya pada tahi lalat yang muncul di permukaan kulit.

Anda perlu memulai untuk mengidentifikasi tahi lalat yang berpotensi menjadi kanker kulit. Semakin dini Anda mendeteksinya, semakin cepat Anda diberi perawatan hingga kanker bisa dicegah.

Mengapa tahi lalat yang bisa sebabkan kanker sulit dikenali? Bukan hal mudah mengetahui tahi lalat yang menempel di kulit itu berbahaya atau tidak. Tahi lalat memiliki banyak warna, mulai dari cokelat hingga hitam legam. Bentuknya juga beragam, dari datar hingga menyembul. Bahkan ada tahi lalat yang datar lalu tumbuh membesar.

Tahi lalat kecil maupun besar tetap membahayakan. Jika Anda memiliki banyak tahi lalat berukuran besar, bisa jadi tahi lalat yang kecil justru yang bisa menyebabkan kanker. Jadi, warna, bentuk dan ukuran tidak bisa dijadikan acuan untuk mengenali tahi lalat yang berbahaya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement