Senin 25 Jan 2016 10:43 WIB

Ini Dia Tanda-Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Tahi lalat
Foto: dermaultra.com
Tahi lalat

REPUBLIKA.CO.ID, Anda bisa membiasakan diri untuk melihat dan mencermati setiap inci kulit Anda dari kepala sampai kaki, langsung atau menggunakan bantuan cermin. Meskipun tahi lalat adalah sesuatu yang kecil, tapi kulit Anda termasuk organ tubuh yang besar. 

Berikut ini cara mengenali tanda-tanda tahi lalat yang berbahaya bagi kulit, dilansir dari Health Living.

 

1. Tahi lalat yang berbentuk tidak normal.

Jika sebagian besar tahi lalat di kulit berwarna dan berukuran normal, cobalah cari tahi lalat yang berukuran atau berbentuk tidak normal. Tahi lalat yang aneh biasa disebut tahi lalat displastik. Keanehan bentuknya menunjukkan sel-sel di dalamnya berperilaku berbeda dari sel-sel sehat yang terdapat pada tahi lalat lain.

 

2. Tahi lalat yang muncul ketika dewasa.

Tahi lalat cenderung muncul dan mulai tumbuh ketika kita masih kanak-kanak. Namun, risiko kanker kulit meningkat pada orang dewasa seiring dengan seringnya kulit terpapar sinar matahari. Melanoma (bentuk paling berbahaya dari kanker kulit), adalah bentuk umum dari kanker tersebut yang muncul pada orang dewasa usia 25 sampai 29 tahun.

 

3. Ukuran tahi lalat lebih besar dari rata-rata tahi lalat lainnya.

Ketika kanker menyebar, sel-selnya mulai tumbuh cepat. Jadi jika kanker berkamuflase menjadi tahi lalat, bentuk tahi lalat itu akan lebih besar dan terus membesar dari rata-rata tahi lalat lainnya (sebab sel kanker berkembang lebih cepat dari sel biasa). 

 

4. Ada rasa sakit dan gatal

Tahi lalat biasanya bersifat netral, tidak terasa sakit atau gatal. Jika ada tahi lalat yang terasa gatal, sakit, atau berdarah, artinya ada sesuatu yang salah dari tahi lalat itu. Segera periksakan ke dokter karena bisa menjadi ciri adanya kanker kulit.

 

5. Ada perubahan tekstur.

Perubahan pada tahi lalat dinilai wajar, dari sisi warna, ukuran, dan bentuk. Namun, yang harus dikhawatirkan, jika tahi lalat berubah menjadi kasar atau bersisik.

(Baca Juga: Periksa Tahi Lalat untuk Cegah Risiko Kanker Kulit).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement