Kamis 28 Jan 2016 14:05 WIB

Ini Bentuk Sinergi Kementerian Desa dengan Perguruan Tinggi

Rep: dyah ratna metha novi/ Red: Taufik Rachman
Kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi
Kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Soedirman, Purwokerto  Achmad Iqbal mengapresiasi sinergi antara perguruan tinggi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kerja sama tersebut menguntungkan kedua belah pihak.

"Kalau mau KKN di daerah tertinggal, ayo kita jalankan. Tapi kami tak punya dana, dukungan dananya dari Kementerian Desa," ujar Achmad, Kamis, (28/1).

Ia membuka pintu lebar-lebar kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Desa. "Kedua pihak bisa saling mensinergikan program."

Program perguruan tinggi dengan Kementerian Desa dapat disinergikan dalam program KKN. Penelitian di perguruan tinggi bisa difokuskan pada  pembangunan desa mandiri.

Untuk bisa membangun Indonesia yang sejahtera, Maka desa harus sejahtera terlebih dahulu oleh karena itu diperlukan peningkatan sumber daya manusianya.

"Desa mandiri tergantung pada kualitas manusianya. Ini dapat diasah melalui perguruan tinggi," katanya.

Achmad berharap agar Kementerian Desa bisa mewujudkan apa yang diinginkan rakyat. Yakni terwujudnya Indonesia mandiri yang berkarakter benar-benar dibangun dari desa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement