Jumat 26 Feb 2016 20:30 WIB

Sahabat Kartini Dukung Kemayoran Jadi Destinasi Kampung Betawi

Red: Hazliansyah
'Sahabat Kartini di acara Deklarasi Hari Jadi Kampung Kemajoran'
Foto: dok: Sahabat Kartini
'Sahabat Kartini di acara Deklarasi Hari Jadi Kampung Kemajoran'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesuai dengan visinya, komunitas Sahabat Kartini terus melibatkan diri dalam upaya pelestarian kebudayaan. Salah satunya dengan mendukung perayaan "Hari Jadi Kemayoran ke-200" pada 24 Februari kemarin.

"Sahabat Kartini turut hadir di acara ini untuk ikut mencetuskan hari jadi Kota Kemayoran ke-200 tahun," ujar Rani Angraini, Ketua 'Sahabat Kartini' kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Rani mengatakan, dukungan tidak lepas dari unsur Betawi yang melekat di lokasi ini.

Tempat lahirnya legenda Betawi Benyamin Sueb serta bekas lokasi bandar udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional, menjadikan Kemayoran layak menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta.

Karena itu Rani mengatakan, dalam kesempatan tersebut "Sahabat Kartini" mendukung perwujudan Kemayoran sebagai destinasi Kampung Betawi di Jakarta.

"Kita akan libatkan anak muda dan seluruh masyarakat. Mulai dari pelatihan kebudayaan betawi seperti silat, gambang kromong dan lainnya," kata dia.

Dengan menjalin kerja sama bersama pemerintah provinsi DKI Jakarta, "Sahabat Kartini" juga akan membangun satu bangunan yang dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan kampung Betawi di Kemayoran.

"Banyak sekali budayawan betawi yang ada di sini. Insya Allah akan kita programkan dengan pemerintah provinsi ke depannya," ujar Rani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement