Jumat 11 Mar 2016 06:50 WIB

Dokter Paparkan Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Sabun mandi
Foto: pdpics
Sabun mandi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelum beraktivitas mandi biasanya dilakukan untuk mengawali hari agar tubuh bersih dan segar. Selepas bekerjapun aktivitas mandi mampu melepas rasa lelah dan ditambah lagi menggunakan sabun mandi favorit yang membuat tubuh kembali segar.

Tiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakan. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, jenis sabun wangi atau sabun yang bisa membunuh kuman. Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi yang beredar di pasaran, membuat kita semakin bingung untuk memilih.

Saat ditemui konferensi pers Lifebuoy Shower Gel Consentrate, beberapa waktu lalu, Dr. Gracia Cielia, Mkk, dari Profesional Relation Unilever Indonesia mengatakan untuk memilih sabun yang aman dapat dilihat dari kandungan yang terkandung dalam sabun tersebut.

“Untuk memilih sabun yang sehat, sebelum memilih sabun, ada baiknya perhatikan label terlebih dahulu lalu pilihlah sabun kesehatan dengan formula yang aman”, kata dokter Gracia.

Dokter Gracia juga menambahkan apa yang dimaksud dengan sabun yang aman. “Yang disebut sabun yang aman adalah sabun yang digunakan untuk keluarga memiliki kaidah-kaidah untuk kulit normal pada umumnya.”

Ia juga menyebutkan sabun mandi dengan pH yang normal dan mengandung pelembap dengan takaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah akan melindungi kulit dari alergi dan berbagai macam penyakit kulit lainnya.

“Zat-zat dalam sabun mandi yang memicu alergi kulit biasanya karena pH yang tidak cocok dengan kulit dan parfume yang terkandung dalam sabun tersebut. Jadi, dengan memperhatikan kandungan dalam sabun bisa kita cocokkan dengan kulit kita”, tambah Dr. Gracia.

Selain itu, dokter Gracia juga menganjurkan untuk selalu membersihkan area-area sekitar belakang kuping, leher, ketiak, selangkangan dengkul dan pergelangan kaki saat mandi. Karena area-area tersebut rawan akan sarang kuman.

“Ada beberapa area di tubuh yang terkadang lupa kita bersihkan dan rawan akan berkembangnya kuman, antara lain area di belakang kuping, area belakang leher, ketiak, selangkangan, sekitar dengkul dan pergelangan kaki. Area ini harus dibersihkan ketika mandi jika tidak takutnya kuman-kuman yang bersarang diarea tersebut akan berkembang dan akan memicu penyebab berbagai penyakit kulit, seperti biang keringat dan jamur,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement