Selasa 15 Mar 2016 18:27 WIB

Yuk, Berburu Keramik Menarik di Keramika 2016

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Karya seni keramik
Foto: ROL/Nursari Indah
Karya seni keramik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions (RPE) kembali menggelar pameran keramik terbaik edisi ke-5, KERAMIKA 2016. Menempati area seluas 6,500 meter persegi, pameran dilengkapi lebih dari 50 peserta atau perusahaan. Bersamaan dengan edisi ke-15 pameran dan konferensi bahan bangunan, arsitektur, interior design, dan konstruksi terbesar di Jakarta, MEGABUILD INDONESIA 2016 dan JAKARTA DESIGN WEEK 2016, pameran ini bisa diikuti mulai 17 sampai 20 Maret. 

Pameran bertempat di Hall 7, Jakarta Covention Center, mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Keramika 2016 tak hanya diikuti pengusaha pabrikan keramik, pemasok bahan baku keramik, tetapi juga para pelaku usaha yang bergerak di industri mesin keramik. 

Ketua Umum ASAKI, Elisa Sinaga menyatakan, teknologi keramik yang ada sekarang sudah sangat terdepan. Indonesia, menurutnya, juga telah memiliki teknologi pembuatan keramik dengan konsep digital dan mampu mangadopsi teknologi mesin dari Italy. Sehingga keramik yang dihasilkan sudah seperti keramik yang berbahan baku alami dan penggunaan bahan baku alam seperti marbel tidak diperlukan lagi. 

"Keramik yang dihasilkan dapat tahan lama, ringan serta memiliki desain yang beragam. Selain itu sumber daya alam yang ada dapat terjaga kelestariannya,” katanya.

Tahun ini KERAMIKA 2016 diikuti para pabrikan besar pengusaha pembuat keramik dari Indonesia. Pabrikan itu, seperti Arwana, Indogress/Decogress, Kia, Milan, Roman, Platinum, Mulia; Pabrik Genteng Berglazur Kanmuri dan Sanitair Toto.  Dalam rangka era keterbukaan, para pemasok mesin dan bahan baku (raw material) keramik dari cina dan italia juga turut meramaikan keramika 2016. Di anjungan italia, terdapat para pemasok mesin keramik ternama, antara lain, Sacmi, Bedeschi, Bmr, Certech Spa, Icf & Welko dan Mectiles Italia.

Sedangkan di anjungan Cina, terdiri dari para pemasok bahan mentah keramik, seperti King Glaze, Zibo Fuxing, Dan Juga Astral Material dan Clyde. Di paviliun Indonesia, para pemasok bahan baku keramik juga tak kalah menarik, seperti dari Lamberti, Colorobbia dan Sicer. Sementara pemasok mesin, antara lain, System dan Zhentang And Torrecid.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement