Jumat 18 Mar 2016 21:11 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Hotlin Ompusunggu Padukan Layanan Kesehatan dan Konservasi (1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Kalimantan Barat, dahulu memiliki kendala sarana dan prasarana layanan kesehatan. Lokasinya yang jauh dari pusat kota, membuat biaya berobat menjadi sangat mahal.

Terkadang, mereka harus memangkas hutan guna mendapatkan tambahan biaya berobat. Melihat itu, drg Hotlin Ompusunggu akhirnya tergerak mendirikan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI). Yayasan itu dibuat dengan Kinari Webb MD. Seorang dokter keluarga yang pernah melakukan penelitian di Gunung Palung.

Hotlin mengiyakan mendirikan yayasan tersebut karena tawaran dari Kinari yang ingin menggabungkan layanan kesehatan dengan konservasi.

Berdiri sejak tahun 2007, banyak perubahan yang terjadi di daerah tersebut. Seperti kasus diare yang awalnya mencapai 40 persen menurun menjadi 20 persen pada 2012. Angka kematian bayi juga menurun menjadi 1,1 persen dari 3,4 persen.

Lebih menarik lagi adalah angka pembalak liar. Pada 2007, terdapat 1.360 keluarga pembalak liar turun menjadi 450 keluarga pada 2012. Kini hanya tinggal 180 keluarga. Berikut cerita lengkapnya.

 

 

Videografer: Fian Firatmaja
Video Editor: Casilda Amilah