Sabtu 26 Mar 2016 01:52 WIB

'Cruyff Pantas Disejajarkan dengan Pele dan Maradona'

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andi Nur Aminah
Johan Cruyff
Foto: AP/Manu Fernandez
Johan Cruyff

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Manchester United (MU) Sir Bobby Charlton menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya legenda sepakbola asal Belanda, Johan Cruyff.  Sir Bobby mengaku bangga mengenal mantan pelatih Ajax dan Barcelona tersebut semasa aktif membela MU. 

"Dia adalah salah satu dari orang-orang besar, pesepakbola yang membuat Anda bersemangat setiap kali dia mendapat bola dan mulai bermain. Selalu ada harapan ketika Johan berada di lapangan. Tidak ada pikiran negatif dalam kepalanya. Dia mencintai pertandingan, dia mencintai olahraga dan ia mencintai kehidupan," katanya dalam laman resmi Manchester United.

Kekaguman Sir Bobby tidak berhenti di situ. Ia mengungkapkan, ayah Jordi Cruyff itu merupakan salah satu pemain terhebat yang pernah dilihatnya. Dia pun menempatkan Johan Cruyff di kelas yang sama dengan legenda sepakbola papan atas dunia seperti Pele, Di Stefano, dan Maradona.

"Dia adalah salah satu pemain terbesar yang pernah saya lihat. Anda akan menempatkan dia di kelas yang sama seperti Pele, Di Stefano dan Maradona," ungkapnya.

Pengaruh permainan dan taktik dari Johan Cruyff, dia katakan, sangat bermanfaat bagi dunia sepakbola, dan masih terasa dampaknya hingga kini. Johan Cruyff, tutup usia pada Kamis (24/3). Ia meninggal pada usia 68 tahun di Barcelona, Spanyol.  

Mantan pemain Ajax dan juga Barcelona ini meninggal akibat penyakit kanker paru-paru. Ia didiagnonis menderita kanker sejak akhir Oktober lalu, "Pada 24 Maret Johan Cruyff (68) wafat secara damai di Barcelona, ditemani oleh keluarganya setelah berjuang melawan penyakit kanker," tulis Yayasan Cruyff dalam pernyataannya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement