Selasa 29 Mar 2016 04:03 WIB

Siswa Indonesia Menang Festival Tari di Spanyol

Red: Esthi Maharani
Festival tarian tradisional (Ilustrasi)
Foto: Xinhua
Festival tarian tradisional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siswa Indonesia dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Labschool Cibubur memenangkan kompetisi tari pada Festival Tarian Rakyat, Fiestalonia Milenio 2016 di Lloret de Mar, Catalonia, Spanyol.

"Kemenangan tim tari Danadyaksa Budaya SMP di ajang festival tarian rakyat di Spanyol membuktikan bahwa dunia internasional memberikan apresiasi yang tinggi pada kebudayaan nasional Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, Senin (28/3).

Di sisi lain, hal ini juga memperlihatkan bahwa masih banyak anak muda Indonesia yang mencintai kebudayaan nasional, termasuk tari-tarian tradisional dari berbagai suku dan daerah di Indonesia.

Sementara itu, pemimpin rombongan tari, Cantika Reviera mengatakan festival yang mereka ikuti adalah kompetisi tingkat internasional dengan dua kategori utama, yakni tarian dan paduan suara.

Dua puluh negara berpartisipasi dalam festival ini, antara lain Israel, Spanyol, Armenia, Uzbekistan, dan Mesir. Dengan berlatih selama dua setengah bulan, tim Danadyaksa mengikuti kategori tarian usia 8-16 tahun.

Mereka berhasil memenangkan predikat koreografer khusus karena telah meraih juara umum di seluruh kategori tarian, serta mengalahkan sepuluh negara lain yang berkompetisi dalam kategori ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ اَنَّ اللّٰهَ بَرِيْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ ەۙ وَرَسُوْلُهٗ ۗفَاِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِى اللّٰهِ ۗوَبَشِّرِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ
Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih,

(QS. At-Taubah ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement