Kamis 31 Mar 2016 08:46 WIB

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar

Rep: C21/ Red: Winda Destiana Putri
Banyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap bugar saat musim panas.
Foto: Listverse
Banyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap bugar saat musim panas.

REPUBLIKA.CO.ID, Musim panas menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi, kelelahan dan mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, beberapa hal yang Anda harus lakukan untuk mengalahkan rasa panas itu.

Untuk mengalahkan panas Anda harus mengikuti pola makan sehat. Seperti mengonsumsi jus buah segar dan air kelapa lembut, atau mengonsumsinya secara utuh.

Selain itu, Anda dapat menghindari makanan yang menyebabkan panas di tubuh seperti madu. Di bawah ini, beberapa tips agar Anda dapat menjaga tubuh dalam cuaca panas dilansir Boldsky belum lama ini.

Memperbanyak Minum Air

Musim panas membuat tubuh sesorang menjadi berkeringat. Sehingga membuat air di dalam tubuh berkurang. Jadi, disarankan Anda minum banyak air untuk mengurangi dehidrasi.

Hindari Kafein

Hindari kafein dan minuman lainnya yang menyebabkan banyak gula di tubuh. Sehingga mungkin berbahaya bagi kesehatan juga dapat menyebabkan terbentuknya jejak asam fosfat. Tentu saja, hal tersebut dapat merusak lapisan saluran pencernaan dan mempengaruhi fungsinya.

Menahan Diri dari Minuman Dingin

Untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya Anda menahan diri untuk mengonsumsi minuman dingin. Karena saat mengonsumsi minuman dingin, tubuh akan mendorong untuk mengonsumsi minuman yang lebih dingin lagi.

Jadi itu tidak membantu meringankan diri Anda dari rasa haus. Sebaliknya, suhu dingin pada minuman dapat menyumbat pembuluh darah dan membuat kerusakan di tubuh.

Hindari untuk Mengkonsumsi Buah Kering

Buah-buahan kering, memang sehat dan bergizi. Namun diharapkan Anda menghindarinya, karena buah tersebut dapat menimbulkan rasa panas di tubuh. Jadi buah-buahan kering dapat diganti dengan buah segar di musim panas.

Menahan diri Dari Makanan Panas

Mengonsumsi makanan panas di musim panas menghasilkan peningkatan suhu di dalam tubuh. Jadi, lebih baik untuk menghindari makanan seperti bayam, cabai, lobak, bawang putih dan bawang. Juga, memberi asupan tubuh dengan rempah-rempah selama musim panas.

Kurangi Makanan Manis

Mengurangi makanan manis juga dapat meningkatkan suhu di dalam tubuh. Pastikan untuk menghindari madu dan sirup. Jadi pertimbangkan asupan gula dalam bentuk alami yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement