Rabu 06 Apr 2016 11:09 WIB

Mahasiswa Binus Buat Aplikasi Pengenal Kepribadian

Rep: AE01/ Red: Dwi Murdaningsih
Tiga mahasiswa BINUS University didampingi dosen pembimbing penelitian, Derwin Suhartono.
Foto: Republika/Riska Vardya
Tiga mahasiswa BINUS University didampingi dosen pembimbing penelitian, Derwin Suhartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah kita membayangkan tentang aplikasi yang dapat mengenali kepribadian seseorang melalui media sosialnya? Hal inilah yang dikembangkan oleh tiga mahasiswa dari School of Computer Science berkolaborasi dengan jurusan Psikologi BINUS yaitu Albert Wijaya, Irwan Prasetya, dan Nathanael Febrianto.

Aplikasi yang dinamakan 'Big 5 Traits Personality Prediction' ini merupakan aplikasi mobile yang bisa digunakan hanya dengan memasukkan user ID twitter. Sistem dari aplikasi ini akan menganalisa kepribadian pemilik user ID Twitter berdasarkan tweet-tweet apa saja yang sudah ditulis. Dimensi kepribadian pemilik user ID yang digunakan adalah Extroversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, serta Openness.

Awalnya aplikasi ini dibuat untuk membantu para HRD merekrut karyawannya. Namun ternyata aplikasi ini dapat berguna untuk hal-hal lain. "Aplikasi ini selain bisa digunakan HRD untuk rekrutmen juga dapat digunakan untuk marketing untuk riset calon pembelinya. Untuk yang muda-muda, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat kepribadian calon pasangan," ujar Albert Wijaya, salah satu pengembang aplikasi ini.

Nantinya aplikasi ini akan tersedia di Playstore. Untuk kedepannya, ketiga mahasiswa ini berencana mengembangkan aplikasi ini dengan menggunakan sosial media lain seperti Facebook dan Instagram yang bisa menganalisa gambar.

 

baca juga: Meski Melek Digital, Masyarakat Jepang Masih Demen Baca Koran

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement