Sabtu 16 Apr 2016 07:31 WIB

Pergelangan Tangan Patah? Perhatikan Hal Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Pergelangan tangan yang patah (ilustrasi)
Foto: Megabored
Pergelangan tangan yang patah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Mengalami patah tulang tentu menyisakan rasa sakit yang sangat menyiksa. Patah tulang pun biasanya membutuhkan waktu yang panjang untuk kembali pulih.

Patah pergelangan tangan merupakan kasus patah tulang yang paling sering terjadi. Meski terkesan lebih 'ringan' dibandingkan patah tulang lainnya, patah pergelangan tangan membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan.

Patah pergelangan tangan yang dikenal secara medis dengan colle's fracture merupakan jenis patah tulang radius distal, atau terpisah dari pusat tubuh. Patah pergelangan tangan terjadi ketika bagian tulang lengan bawah yang lebih besar mengalami patah. Biasanya kerusakan ini terjadi di bagian bawah pergelangan tangan yang dekat dengan sambungan antara tulang lengan dan ibu jari.

Patah pada pergelangan tangan umumnya disebabkan oleh cidera dari terjatuh atau tertabrak di bagian pergelangan tangan. Atlet atau orang yang gemar berolahraga juga kerap dihantui risiko patah pergelanga tangan, khususnya pesepeda, pemain ski dan skateboard.

Kondisi kesehatan yang kurang baik, seperti penderita osteoporosis juga memiliki kemungkinan untuk mengalami patah pergelangan tangan. Hal ini disebabkan oleh menipisnya tulang pada tubuh penderita osteoporosis sehingga risiko patah tulang menjadi besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement