Selasa 19 Apr 2016 09:54 WIB

Minat Warga Papua untuk Kuliah Semakin Meningkat

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Achmad Syalaby
Universitas Cendrawasih
Universitas Cendrawasih

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Onesimus Sahuleka menerangkan, minat pendidikan tinggi di Jayapura semakin meningkat. Ini terbukti dari meningkatnya jumlah mahasiswa Uncen, Jayapura.

"Kerinduan untuk masuk perguruan tinggi (PT) cukup besar," ujar Onesimus kepada wartawan di Bandara Sentani, Papua, Selasa (19/4). Masyarakat Papua memiliki keinginan untuk bersekolah terutama pada PT saat ini sangat besar jika dilihat dari angka mahasiswanya.

Saat ini, ada 612  dosen yang mengajar di Uncen. Sementara angka mahasiswanya mencapai 15 ribu pada tahun ini. Menurut dia, setiap tahun Uncen hanya menerima 3000 mahasiswa  dari berbagai jalur. Hanya, jumlah pendaftar bisa tiga kali lipat dari angka itu. Hal ini menandakan bahwa minat masyarakat berpendidikan yang cukup besar.

Karena besarnya minat tersebut,  dia menyatakan, pihaknya sudah berkomitmen agar masyarakat Papua bisa diterima sebagai mahasiswa di Uncen. Menurut dia, sekitar 70 hingga 80 persen dari kuota 3000 akan diisi warga asli Papua. Sisanya, yakni 20 persen mahasiswa dari luar Papua bahkan dari Aceh pun hadir di kampus ini. 

Meski sudah memprioritaskan masyarakat lokal sebanyak 80 persen, Onesimus pun tetap menerima usulan untuk lebih diperbanyak. "Mahasiswa ada yang usul agar prioritas penerimaan mahasiswa dari Papua bisa mencapai 90 persen," katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement