Rabu 20 Apr 2016 12:30 WIB

Membina Anak Jalanan Ambon di Pinggir Pantai Losari

Red: Dwi Murdaningsih
Rumah Zakat dan KJS Ambon membina anak-anak jalanan di pinggir pantai Losari.
Foto: RZ
Rumah Zakat dan KJS Ambon membina anak-anak jalanan di pinggir pantai Losari.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Relawan Rumah Zakat (RZ) Ambon membina 50 anak jalanan di sekitar pinggiran Pantai Losari, Kota Ambon. Kegiatan ini merupakan hasill kerja sama antara RZ dengan Komunitas Sekolah Jalanan (KSJ) Ambon.

Selama 2 jam para relawan belajar bersama anak jalanan. Acara belajar mengajar pun diakhiri dengan membagikan Superqurban dan Susu Ultra sebagai hadiah dari hasil belajar mereka. “Hadiah ini untuk memotivasi mereka agar meningkatkan semangat belajar setiap pertemuannya,” ujar Said Thalhah Mony, Koordinator Relawan RZ Kota Ambon, Rabu (20/4).

Pembinaan yang dilakukan oleh 5 relawan RZ dan 5 orang dari KSJ ini diisi dengan bermain, belajar menulis dan menggambar. Sebelumnya, RZ menyerahkan secara simbolis 50 buku gambar dan 1 pack pensil. Said mengatakan ada banyak cara untuk membahagiakan anak jalanan. Salah satunya dengan berbagi, memberikan pendidikan serta bermain bersama.

"Anak-anak adalah harapan bangsa, masa depan mereka ada ditangan kita,” ujar Said.

Direktur KSJ Afif mengatakan berkumpul bersama anak jalanan adalah kebahagiaan. Menurut dia, meski pembinaan ini berlangsung di pinggiran jalan yang menurut banyak orang tidak layak untuk dikunjungi, tapi ini bukanlah alasan untuk tidak peduli akan nasib anak-anak jalanan.

Afif menambahkan pembinaan yang dilakukan bertujuan mendidik anak jalanan menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak baik.

“Anak-anak jalanan ini tidak akan menjadi nakal jika dididik dengan baik. Mereka adalah aset berharga dan harapan bangsa,” ujar Afif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement