Selasa 10 May 2016 07:21 WIB

Ekowisata Hutan Bakau Dikembangkan di Penajam

Red: Yudha Manggala P Putra
 Petugas merawat benih tanaman bakau di hutan bakau (mangrove) Angke Kapuk, Jakarta Utara.
Foto: dok. Republika
Petugas merawat benih tanaman bakau di hutan bakau (mangrove) Angke Kapuk, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengembangkan ekowisata hutan bakau atau mangrove di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam.

Kepala Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Ady Irawan saat dihubungi di Penajam, Senin (10/5), mengatakan pengerjaan pengembangan kawasan ekowisata hutan bakau rencananya dimulai pada Juli 2016 dan ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan.

Anggaran pengembangan kawasan ekowisata itu sekitar Rp 1,17 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Selain untuk melestarikan bakau dan lokasi tujuan wisata, tambah Ady Irawan, kawasan ekowisata hutan bakau itu juga diproyeksikan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dari sektor pariwisata.

"Pengembangan tempat wisata hutan mangrove itu sebagai upaya peningkatan PAD Kabupaten Penajam Paser Utara," katanya.

Ia menambahkan lokasi ekowisata hutan bakau akan dilengkapi sejumlah fasilitas umum, di antaranya tempat edukasi, jembatan titian sepanjang 400 meter, lahan parkir, dan MCK.

Lahan pengembangan ekowisata mangrove merupakan tempat pembudidayaan bakau yang dialihkan sebagai kawasan ekowisata seluas satu hektare.

"Pemerintah daerah membuat kawasan itu menjadi tempat wisata, karena melihat minat masyarakat untuk berwisata alam cukup tinggi," tambah Ady Irawan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَكُوْنُ فِيْ شَأْنٍ وَّمَا تَتْلُوْا مِنْهُ مِنْ قُرْاٰنٍ وَّلَا تَعْمَلُوْنَ مِنْ عَمَلٍ اِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُوْدًا اِذْ تُفِيْضُوْنَ فِيْهِۗ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ وَلَآ اَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْبَرَ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ
Dan tidakkah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur'an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di bumi ataupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

(QS. Yunus ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement