Kamis 19 May 2016 07:25 WIB

Rusunami Perumnas Dibangun untuk Wisma Atlet Asean Games

Rep: Maspril Aries/ Red: Achmad Syalaby
Penandatanganan MoU Rusunami oleh Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (berbaju putih)
Foto: Republika/Maspril Aries
Penandatanganan MoU Rusunami oleh Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (berbaju putih)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Perum Perumnas akan membangun rumah susun milik (rusunami) di kawasan Jakabaring Sports City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan. Untuk pelaksanan pembangunan rumah susun di kawasan hunian terpadu wisma atlet tersebut, Kamis (18/5) dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Utama (Dirut) Perumnas Himawan Arief Sugoto dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Rusunami ini akan dijadikan wisma atlet peserta Asean Games 2018. “Kawasan hunian atlet ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang, merupakan terobosan baru yang diinisiasi Perumnas dengan tidak membebankan APBN,”ujar Himawan Arief Sugoto,

“Untuk  pembangunanan mayoritas pendanaan berasal dari kas internal Perumnas dan pinjaman perbankan. Adapun total investasi pembangunan mencapai sekitar Rp 600 miliar. Untuk satu tower rata-rata menghabiskan dana Rp 100 miliar,” tambah Himawan Arief yang didampingi Direktur Pemasaran Muhammad Nawir.

Perumnas akan membangun enam tower rusunami, setiap tower terdiri dari 23 lantai. Saat difungsikan sebagai wisma atlet, rusunami ini akan mampu menampung 2.600 atlet. “Rusunami ini akan dibangun dengan kualitas hotel bintang tiga. Rusunami akan dilengkapi dengan fasilitas umum, fasilitas sosial, serta function halldan fasilitas komersial lainnya yang akan menunjang aktivitas warga,” ujar Dirut Perumnas.

Pascaperhelatan Asian Games 2018, kawasan hunian terpadu wisma atlet ini ditargetkan untuk menjadi tempat tinggal bagi pegawai negeri sipil (PNS) institusi pemerintahan di Sumatera Selatan dan masyarakat umum.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin, menyambut baik terobosan Perumnas untuk pembangunan lanjutan atas wisma atlet Jakabaring sebagai dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang.

Kepada Dirut Perumnas, Alex Noerdin menyatakan, pemerintah provinsi menjamin dalam hal urusan administrasi, seperti perizinan atau IMB dari Pemerintah Kota Palembang. “Proses IMB diusahakan secepat mungkin, dan nanti,” katanya.

Pada kesempatan untuk pemasaran juga ditandatangani kerjasama antara Perumnas dengan Bank Sumselbabel. Penandatanganan naskah kerjasama ditandatangani Direktur Utama Bank Sumselbabel Muhammad Adil dengan Direktur Pemasaran Perumnas Muhammad Nawir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement