Kamis 19 May 2016 22:40 WIB

Cegah Antraks, 8.000 Sapi Divaksinasi

Red: Yudha Manggala P Putra
Peternakan sapi
Foto: istimewa
Peternakan sapi

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Untuk mencegah penyebaran bakteri antraks yang menyerang ternak sapi di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo memvaksinasi 8.000 ekor sapi.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gorontalo, Haris Tome di Gorontalo, Kamis (19/5), mengatakan untuk melihat hasil dari vaksinasi membutuhkan waktu dari 14 hari hingga 21 hari.

"Jika dalam rentang waktu tersebut masih ada sapi yang mati, maka dalam tubuh sapi itu sudah ada bakteri antraks," kata Haris.

Menurut diaa, dalam pekan ini belum ada laporan dari masyarakat, maupun temuan tim DKPP terkait kematian sapi yang terkena antraks. "Kami berharap jelang bulan puasa, sudah tidak ada lagi sapi maupun kerbau yang terkena bakteri antraks," harapnya.

Untuk jumlah sapi yang terindikasi dan positif antraks, menurut hasil laboratorium, berjumlah 12 ekor dan telah dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar.

"Untuk wilayah penyebaran antraks, yaitu di Desa Ulapato A, lalu ke Pentadio Barat, Dutulanaa, Bolihuangga, Bongomeme dan Tibawa," kata Haris. DKPP pertama menemukan ternak sapi warga yang terkena bakteri antraks pada 28 Maret 2016.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

(QS. At-Talaq ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement