Jumat 20 May 2016 19:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Rusia

Red: Esthi Maharani
Jokowi bertemu Putin
Foto: setkab.go.id
Jokowi bertemu Putin

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Presiden Joko Widodo menghadiri KTT Forum Bisnis ASEAN-Rusia bersama sembilan kepala negara dan kepala pemerintahan asal ASEAN beserta Presiden Rusia Vladimir Putin. Presiden Jokowi menjadi rombongan pertama yang hadir di Radisson Blu Congress Center dan disambut oleh Presiden Putin, Jumat (20/5).

Selain Jokowi, sejumlah kepala maupun perwakilan negara/pemerintahan yang hadir dalam pertemuan itu yaitu Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha, Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolqiah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Selain itu, Presiden Myanmar Htin Kyaw, Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Filipina Mario Montejo, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen juga menghadiri pertemuan yang dimulai pada sekitar pukul 12.30 waktu setempat (16.30 WIB).

Dalam pembukaannya, Putin menjelaskan seluruh negara perlu melihat potensi sesama mengenai kerja sama ekonomi yang dapat dilakukan lebih jauh.

"Apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Beberapa kerja sama untuk itu sudah dan akan terus kita lakukan," kata Putin.

Putin juga memaparkan sejumlah kerja sama investasi dan bisnis yang dilakukan bersama beberapa negara di ASEAN termasuk Indonesia seperti pembangunan kereta api barang dengan nilai 1,9 miliar dolar AS.

"Kami juga mengimplementasikan proyek pembangunan kereta api di Pulau Kalimantan bersama Indonesia dengan nilai investasi 1,9 miliar dolar AS," jelas Putin.

Putin yakin bahwa dengan forum masyarakat bisnis dan partisipasi multidimensi dapat menumbuhkan perekonomian ASEAN-Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement