Rabu 25 May 2016 08:44 WIB

Abe-Obama Bahas Kejahatan Pasukan Militer

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Presiden AS Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe saat mengunjungi Monumen Lincoln.
Foto: japan times
Presiden AS Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe saat mengunjungi Monumen Lincoln.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron Rabu (25/5) malam. Mereka bertemu menjelang pertemuan puncak Kelompok Tujuh (G7).

Di antara topik yang akan dibahas antara Abe dan Obama yakni pencegahan kejahatan oleh orang-orang dari pangkalan militer AS. Pekan lalu, terjadi penangkapan seorang pekerja AS sehubungan dengan pembunuhan seorang wanita Jepang.

Banyak warga di Okinawa membenci adanya sebagian besar militer AS di Jepang.

Obama juga direncanakan melakukan kunjungan bersejarah ke Hiroshima, lokasi bom atom pertama di dunia, Jumat (27/5), usai menghadiri KTT G7.  Kedua pemerintah berharap kunjungan Hiroshima akan menampilkan aliansi kuat antara bekas musuh perang tersebut.

Kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi global atas agenda KTT G7, meskipun kesepakatan penuh pada kebijakan makro ekonomi terlihat sulit didapat.

Topik lainnya juga akan dibahas seperti terorisme, pengungsi, perdagangan, keamanan siber dan keamanan maritim, termasuk ketegasan Cina di Laut Cina Selatan dan Timur di mana Beijing memiliki sengketa wilayah dengan Jepang dan beberapa negara Asia Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement