Jumat 03 Jun 2016 12:04 WIB

Red: Dwi Murdaningsih
Planet Jupiter
Foto: 123rf.com
Planet Jupiter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan eksoplanet yang diduga berusia paling muda. Planet ini baru berusia 2 juta tahun. Berlokasi 450 tahun cahaya dari bumi di konstalasi Taurus, planet ini masih dikelilingi gas dan debu yang membentuknya.

Planet Cl Tau b berukuran 11kali lebih bear dibandingkan Jupiter. Astronomer ChristopherJohns dari Rice University di Houston dan koleganya dalam sebuah papper yang diterbitkan 25 Mei lalu di arXiv.org mengaku cukup mengejutkan ada planet besar yang terbentuk 2 juta tahun. Periode ini dianggap sebagai periode yang 'cukup singkat' untuk pembentukan planet besar.

Dilansir dari ScienceNews, planet ini juga terletak cukup dekat dengan bintangnya.  Planet yang baru ditemukan ini menunjukkan bahwa planet besar dapat terbentuk secara cepat dan meringkuk dekat dengan bintang indiknya. Para ilmuwan masih belum tahu apakah planet ini bermigrasi mendekati bintang atau planet ini memang 'dilahirkan' dekat dengan bintangnya.

Para ilmuwan menggunakan berbagai teleskop optik dan inframerah untuk menangkap variasi periodik dalam frekuensi cahaya binyang yang disebabkan oleh tarikan gravitasi planet. Begitu dekatnya jarak antara planet dengan bintangnya, panet ini mengorbit pada bintangnya setiap sembilan hari.