Sabtu 04 Jun 2016 19:03 WIB

16 Orang Tewas Akibat Banjir Texas

Red: Ani Nursalikah
Warga dievakuasi dari rumah mereka yang terendam banjir di Spring, Texas, Selasa, 19 April 2016.
Foto: AP Photo/David J. Phillip
Warga dievakuasi dari rumah mereka yang terendam banjir di Spring, Texas, Selasa, 19 April 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Sedikitnya 16 orang di Texas, termasuk empat prajurit yang hilang ketika kendaraan mereka terbalik dalam banjir meninggal akibat hujan lebat pekan lalu. Hujan merendam ratusan rumah dan menyebabkan evakuasi lembaga pemasyarakatan, Jumat (3/6).

Jasad lima prajurit lainnya ditemukan sehari sebelumnya. Dengan demikian jumlah korban meninggal jadi sembilan orang setelah kendaraan militer mereka terguling-guling di sebuah anak sungai yang meluap akibat banjir pada Kamis di pos angkatan darat Fort Hood di Texas tengah.
 
Mayor Jenderal John Uberti dalam jumpa pers mengatakan tTiga orang yang selamat diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan di sebuah rumah sakit terdekat pada Jumat. "Tragedi ini menimpa Fort Hood dan dukungan dari pelosok negeri diapresiasi," kata dia.
 
Kendaraan itu terbalik di sebuah perlintasan, dan para perwira militer tak mengatakan mengapa konvoi itu melakukan latihan dekat sebuah anak sungai yang terendam air. Pos AD tersebut yang mencakup sebuah kawasan sekitar 15 kali lebih besar daripada Manhattan menutup jalan-jalan yang dilanda banjir ketika kecelakaan terjadi.
 
Militer berencana menyiarkan nama-nama yang meninggal dalam kecelakaan itu setelah memberitahu keluarga mereka. Satu lagi kematian mungkin terkait banjir di negara bagian itu, kata kepolisian San Antonio setelah penemuan satu jasad seorang pria yang tersangkut jeruji besi di sebuah drainase.
 
Departemen Kehakiman Texas mulai mengevakuasi sekitar 1.700 nara pidana di Unit Ramsey di Rosharon, sekitar 50 km sebelah selatan Houston, akibat banjir di sepanjang Sungai Brazos. Departemen itu mengevakuasi sekitar 2.600 napi dari dua fasilitas lainnya pekan ini akibat banjir di sungai yang sama.
 
Badan Cuaca Nasional telah menempatkan bagian-bagian besar dari Texas, Louisiana dan Mississippi dalam pengamatan mereka dari kemungkinan diterjang banjir bandang. Bagian-bagian Texas mencatat hujan selama Mei, termasuk Brenham, sekitar 70 mil sebelah baratlaut Houston, yang menerima 29,49 inci.
 
Hujan lebat diramalkan melanda Houston dan bagian timur Texas selama akhir pekan, yang mungkin menimbulkan banjir lagi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ لَكَ الْمُخَلَّفُوْنَ مِنَ الْاَعْرَابِ شَغَلَتْنَآ اَمْوَالُنَا وَاَهْلُوْنَا فَاسْتَغْفِرْ لَنَا ۚيَقُوْلُوْنَ بِاَلْسِنَتِهِمْ مَّا لَيْسَ فِيْ قُلُوْبِهِمْۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ لَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ بِكُمْ ضَرًّا اَوْ اَرَادَ بِكُمْ نَفْعًا ۗبَلْ كَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Orang-orang Badui yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akan berkata kepadamu, “Kami telah disibukkan oleh harta dan keluarga kami, maka mohonkanlah ampunan untuk kami.” Mereka mengucapkan sesuatu dengan mulutnya apa yang tidak ada dalam hatinya. Katakanlah, “Maka siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki bencana terhadap kamu atau jika Dia menghendaki keuntungan bagimu? Sungguh, Allah Mahateliti dengan apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al-Fath ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement