Kamis 30 Jun 2016 12:23 WIB

UEFA Tolak Heningkan Cipta untuk Korban Bom Turki

Red: Teguh Firmansyah
Paramedis mengevakuasi korban serangan bom bunuh diri di bandara Internasional Ataturk, Istambul , Turki, (28/6).
Foto: REUTERS / Stringer
Paramedis mengevakuasi korban serangan bom bunuh diri di bandara Internasional Ataturk, Istambul , Turki, (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Badan sepak bola Eropa, UEFA, menolak usulan mengheningkan cipta satu menit guna menyikapi tragedi yang terjadi di Bandara Ataturk Turki.

Rob Harris, wartawan dari Associated Press, mengatakan, UEFA menolak hal itu dengan alasan ledakan tak terkait langsung dengan sepak bolak. "UEFA mengatakan akan mengheningkan cipta satu menit jika tragedi terkait sepak bola," ujar Harris.

Namun, pernyataan itu bertolak belakang dengan insiden penembakan Paris tahun lalu. Saat itu, UEFA mengizinkan satu menit berkabung atas korban serangan teror Paris. Saat itu UEFA mengatakan, tim internasional Eropa akan mengenakan ban warna hitam dan berkabung satu menit jelang pertandingan.

Baca juga, Bandara Turki Diguncang Bom.

Keputusan UEFA ini langsung memicu kemarahan dari pengguna Twitter. Pengguna Twitter menyebut Turki merupakan kompetitor dalam Euro 2016. Untuk itu akan lebih baik dengan memberikan penghormatan kepada korban.

Setidaknya 42 orang terbunuh dan 130 terluka dalam serangan membabi buta di Bandara Ataturk, Turki. Serangan disebut dilakukan oleh kelompok ISIS.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ لَا تُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاۤءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا
Dan mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang yang lemah, baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak yang berdoa, “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu.”

(QS. An-Nisa' ayat 75)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement