Kamis 07 Jul 2016 09:50 WIB

Keluarga Korban Perang Irak: Tony Blair Teroris Terburuk di Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Bayu Hermawan
Mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair.
Foto: Reuters
Mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para anggota keluarga tentara Inggris yang tewas dan menjadi korban dalam Perang Irak, memberikan tanggapan mereka atas keluarnya laporan Chilcot. Salah satu di antaranya menggambarkan Tony Blair sebagai teroris terburuk di dunia.

Dilansir The Guardian Rabu (6/7), Sarah O'Connor yang kakaknya tewas dalam Perang Irak, tak bisa menahan kesedihannya saat konferensi pers sesaat setelah laporan Sir John Chilcot dirilis.

Dengan penuh emosional, ia pun mengecam mantan Perdana Menteri Britania Raya itu yang dianggap bertanggung jawab atas keterlibatan Inggris dalam Perang Irak tahun 2003.

"Ada satu teroris di dunia ini yang dunia perlu sadari, dan namanya Tony Blair, teroris terburuk di dunia," katanya disambut sorak sorai sejumlah kerabat tentara lainnya.

Kakak O'Connor, Sersan Bob O'Connor, tewas bersama sembilan penerbang lain saat pesawat mereka ditembak jatuh di dekat Baghdad pada 2005. O'connor berbicara dengan penuh emosi setelah membaca laporan Chilcot tersebut.

"Butuh 11 setengah tahun untuk saya menyembuhkan luka ini, dan saya kembali pada waktu itu dan menyadari saudara saya telah dibunuh," ujarnya.

Ada sekitar 25 anggota keluarga yang berduka hadir di gedung konferensi Ratu Elizabeth II di pusat kota London. Mereka diberi waktu beberapa jam untuk membaca laporan sebelum diterbitkan. Beberapa datang dengan membawa foto, mengenakan kaos atau pin bergambar para korban.

Banyak dari menyambut laporan itu, dengan banyak keluarga berdiri dan bertepuk tangah saat Sir John Chilcot meninggalkan panggung setelah memberikan pernyataan. Ada kemarahan luas, sementara beberapa lainnya menangis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement