GT Cikarang Gratis Jika Macet Lima Kilometer

Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Jul 2016 16:41 WIB

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat Foto: Musiron/Republika Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga menyatakan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama akan digratiskan jika terjadi kemacetan total hingga kendaraan tidak bergerak sepanjang lima kilometer pada ruas tol Cikampek arah Jakarta.

"Penggratisan GT Cikarang Utama diberlakukan apabila kemacetan sudah mencapai lima kilometer dan itu jika kendaraan dalam posisi tidak bergerak," kata Humas PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto di Jakarta, Ahad (10/7).
 
Iwan mengatakan GT Cikarang Utama terletak di KM29. Hingga Ahad petang, kondisi di KM 31 tol Cikampek arah Jakarta atau dua KM sebelum GT Cikarang Utama masih terpantau ramai lancar. "Kecepatan kendaraan di KM 31 dari arah Cikampek menuju Jakarta masih bagus," ujar Iwan.
 
Sejauh ini PT Jasa Marga telah memberlakukan jalur contraflow arus balik tol Cikampek-Jakarta sepanjang enam kilometer di sepanjang KM 69-35 tol Cikampek-Jakarta. Pemberlakuan contraflow atau rekayasa lalu lintas kendaraan dengan melawan arus, sudah dimulai sejak pukul 10.30 WIB untuk mengurai kepadatan arus balik dari arah Bandung dan Cipali menuju Jakarta.
 
Jasa Marga memperkirakan puncak kepadatan arus balik Lebaran melalui tol Cikampek terjadi hingga Ahad malam nanti. "Diprediksi Ahad hari ini atau H+3 menjadi puncak arus balik Lebaran 2016," kata Iwan.

Terpopuler