Bandara Hang Nadim Kembali Dipadati Penumpang

Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Jul 2016 09:30 WIB

Pemudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam Foto: Antara Pemudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu pagi (13/7), kembali dipadati calon penumpang yang hendak meninggalkan Batam usai libur Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Hingga saat ini (08.30 WIB) sekitar 3.000 orang calon penumpang sudah check in. Sementara yang antre untuk check in masih padat," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso, Rabu (13/7).
 
Calon penumpang tersebut didominasi masyarakat dari daerah lain yang habis berlibur di Batam dan warga Batam yang hendak kembali ke sejumlah daerah, seperti Yogykarta, Semarang, Surabaya, Jakarta, Padang, Pekanbaru, Palembang, untuk bersekolah.
 
"Pagi ini tujuan-tujuan tersebut oleh Maskapai Lion Air dan Citilink mendominasi. Ini memang sudah kami perkirakan sebelumnya," kata dia.

D

alam dua hari terakhir, Bandara Internsionl Hang Nadim Batam cenderung sepi setelah pada Jumat (8/7)-Ahad (10/7) penuh sesak baik penumpang yang tiba di Batam maupun meninggalkan Batam usai libur Lebaran.
 
"Perkiraan kami hari ini sampai Ahad (17/7) nanti akan kembali padat baik keberangkatan atau kedatangan karena Batam juga merupakan salah satu tujuan wisatawan saat musim liburan," kata Suwarso.
 
Guna mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan saat jumlah pengunjung bandara meningkat petugas pengamanan dari TNI dan Polri masih disiagakan hingga 17 Juli 2016. "Sesuai instruksi Pak Menteri (Menhub Ignasius Jonan) pengamanan bandara memang diperketat, termasuk menurunkan anggota TNI dengan senjata lengkap," kata dia.
 
Selain itu, manajemen bandara masih membuka posko pengawasan internal di dalam bandara untuk mengambil tindakan cepat ketika terjadi kepadatan, khususnya di lokasi check in dan ruang tunggu. Pantauan di Hang Nadim, hingga saat ini calon penumpang juga masih memenuhi teras depan terminal keberangkatan sebelum masuk dan melakukan check in.

Terpopuler