Rabu 20 Jul 2016 07:22 WIB

Jakarta Kini Miliki Taman Sampaikan Aspirasi

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Taman Pandang Istana yang akan menjadi salah satu titik pemberhentian City Tour Bus TransJakarta.
Foto: dok Holcim
Taman Pandang Istana yang akan menjadi salah satu titik pemberhentian City Tour Bus TransJakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada kabar gembira untuk masyarakat Jakarta, pasalnya pembangunan Taman Pandang Istana atau yang sebelumnya dikenal dengan Taman Apresiasi telah rampung dibuat. Mulai dibangun pada bulan Mei lalu kini warga Jakarta bisa menyampaikan aspirasi di sarana ruang terbuka hijau melalui beragam kegiatan postif.

Taman Pandang Istana merupakan hasil bentuk dari tiga prakarsa yaitu Pemprov DKI Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk, Creative Placemaking (CARAS), dan Desainer grafis Yasser Rizky.

Kepala Dinas Pertamanan Pemprov DKI Jakarta Djafar Muhlisin, mengapresiasi bentuk kolaborasi antarpihak yang terlibat dalam pembangunan Taman Pandang Istana.

“Pembangunan Taman yang diprakrasai oleh pihak-pihak yang terlibat ini semoga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan seperti olahraga, edukasi, dan seni sehingga bisa terealisasikan,” kata Djafar ditemui di Taman Pandang Istana bertempat di Silang Barat Laut Monumen Nasional (Monas), kemarin (19/7).

“Ini pertama kali Pemprov dipertemukan dengan instalasi seni. Suatu proses yang cukup menantang karena yang satu harus berjalan secara fungsional yang satu lagi berhubungan dengan suatu karya,” tambah Apsara Herman selaku direktur CARAS.
 
Dengan cita-cita untuk memanfaatkan kekuatan seni, budaya, dan kreativitas dalam melayani kebutuhan masyarakat, Taman Pandang Istana diharapkan dapat megangkat aspirasi seniman dan komunitas kreatif Indonesia melalui kontribusi nyata di ruang publik.

Taman Pandang Istana akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada tanggal 30 Juli 2016 dengan mengusung acara yang bertajuk JakARTspirasi yang akan melibatkan berbagai komunitas kreatif di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement