Kamis 21 Jul 2016 08:43 WIB

Terancam Pemburu, 500 Gajah Afrika Dipindahkan

Rep: Fira Nursya'bani / Red: Andi Nur Aminah
Gajah Afrika yang akan dipindahkan diangkut memakai truk
Foto: Mashable
Gajah Afrika yang akan dipindahkan diangkut memakai truk

REPUBLIKA.CO.ID, Sebanyak 500 gajah Afrika akan diangkut ke tempat perlindungan khusus untuk spesies terancam. Mereka dibius dari kejauhan, kemudian tubuhnya dimasukkan ke dalam truk untuk dibawa.

Gajah-gajah itu diambil dari Liwonde National Park (taman di jantung Afrika Tenggara) dan Nkhotakota Wildlife Reserve di tepi Danau Malawi. Di tempat-tempat ini, para pemburu hampir menyapu bersih populasi gajah.

Tempat baru mereka adalah sebuah tempat penangkaran senilai 1,6 juta dolar AS atau Rp 20 miliar yang dibangun oleh kelompok non-profit African Parks. Dana pembangunan didapat dari perusahaan Dutch PostCode Lottery dan Washington-based Wyss Foundation, seperti dikutip Mashable.

Relokasi yang dilakukan akan memakan banyak waktu. African Parks akan merelokasi sebanyak mungkin gajah selama Juli hingga Agustus, karena kendaraan masih bisa melewati medan tersebut selagi kering.

Memindahkan gajah bukan perkara mudah. Para konservasionis harus memikirkan bagaimana telinga gajah harus dilipat di atas mata untuk menghalangi cahaya yang masuk. Mereka juga harus memastikan gajah masih bisa bernapas dengan baik.

Gajah-gajah tersebut kemudian digantung terbalik dengan tali dipergelangan kaki untuk kemudian disimpan di truk. Gajah-gajah itu kemudianharus mengarungi perjalanan sejauh 185 mil. Di tempat tujuan, mereka akan terbangun jika disuntik kembali.

Meskipun ada beberapa tingkat risiko dan stres dalam proses ini, konservasionis dan industri satwa liar komersial telah mencoba memperpendek proses, yang telah diuji coba selama bertahun-tahun. Migrasi buatan manusia terbesar ini dilihat sebagai strategi konsevasi di Malawi.

"Cara ini mungkin akan menjadi hal baru di banyak tempat di Afrika," ujar ahli spesies Afrika untuk kelompok konservasi WWF, Bas Huijbregts.

WWF mengemukakan kemungkinan hanya ada 470 ribu gajah di Afrika sekarang. Jumlah itu turun dari sekitar 3,5 juta pada awal abad ke-20. Pemburu banyak menyembelih puluhan ribu gajah Afrika untuk memenuhi permintaan gading, yang sebagian besar berasal dari Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement