Sabtu 06 Aug 2016 10:16 WIB

Positif Konsumsi Obat, Atlet Yunani Dicoret dari Olimpiade

Red: Bilal Ramadhan
Seorang pria menyusun model Lego dalam rangka Olimpiade di Media Center Olimpiade Rio De Janeiro.
Foto: Reuters
Seorang pria menyusun model Lego dalam rangka Olimpiade di Media Center Olimpiade Rio De Janeiro.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Seorang anggota tim Yunani dicoret dari Olimpiade Rio de Janeiro setelah dinyatakan positif mengonsumsi obat-obatan, kata komite olimpiade negara tersebut pada Jumat.

Sampel A dari atlet yang tidak disebutkan identitasnya itu terbukti positif untuk zat-zat terlarang pada tes pra Olimpiade yang diselenggarakan pada Juli di Athena, dan sang atlet telah meninggalkan perkampungan Olimpiade.

Ini merupakan hasil tes positif untuk kedua kalinya dari atlet di mana tim-tim telah tiba di Rio, setelah petinju Irlandia diskors sementara pada Kamis karena gagal tes doping.

"Kepemimpinan tim Olimpiade di Rio mengumumkan sampel pertama anggota tim positif pada tes obat-obatan yang dilakukan pada awal Juli di Athena," kata Komite Olimpiade Yunani (HOC).

"Komite Olimpiade Yunani meminta pengujian setiap atlet Yunani yang ambil bagian di Olimpiade. Anggota tim spesifik itu kini telah meninggalkan perkampungan atlet Olimpiade."

HOC mengirim tim berisi 97 orang ke kota Brazil untuk Olimpiade pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan. Ofisial HOC mengatakan kepada Reuters bahwa tes dilakukan pada 5 Juli dan sang atlet telah dipulangkan ke Yunani.

Ia mengatakan tidak ada nama atau cabang olahraga yang akan diumumkan ke publik, sampai sampel b telah diuji atau sang atlet melepaskan hak untuk uji kedua. Olimpiade dimulai secara resmi pada Jumat malam, di mana tim Yunani siap memasuki stadion untuk pertama kalinya pada upacara pembukaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement