Kamis 11 Aug 2016 10:24 WIB

'Jangan Ada Warga tak Kibarkan Bendera'

Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak membawa bendera merah putih
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Anak-anak membawa bendera merah putih

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Wakil Wali Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, Irwandi mengimbau warga setempat agar mengibarkan Bendera Merah-Putih untuk memperingati 71 tahun Kemerdekaan RI. "Jangan sampai ada warga yang tidak mengibarkan bendera pada dua hari sebelum dan dua hari sesudah 17 Agustus tersebut," katanya di Bukittinggi, Kamis (11/8).

Menurutnya, menaikkan bendera termasuk bentuk wujud perhatian dan tanggungjawab warga negara terhadap bangsa. Pengibaran bendera, dia mengatakan, juga menjadi bentuk penghormatan kita pada jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan.

Mengibarkan bendera baik di rumah maupun di kantor akan menjadi salah satu wujud upaya dalam mengisi perjuangan di era kemerdekaan. Ia menyebutkan, imbauan pengibaran bendera dilakukan pihaknya melalui mobil Unit Penerangan Bagian Humas Pemkot Bukittinggi. Siaran keliling tersebut dilaksanakan ke tiga kecamatan dan 24 kelurahan di daerah itu.

Selain itu, ia juga mengimbau warga memasang marawa, umbul-umbul maupun gapura untuk memeriahkan HUT RI di lingkungan masing-masing. "Silakan warga di tingkat RT dan RW untuk berkreasi menyemarakkan peringatan HUT RI dengan berbagai kegiatan perlombaan. Kami minta nanti lurah dan camat untuk terus memantau situasi di lingkungan setempat" tambahnya.

Ia menegaskan, hal terpenting dalam perayaan kemerdekaan tersebut adalah agar warga dapat memaknai perjuangan bangsa. Agar dapat turut menanamkannya untuk terlibat dalam pembangunan di masa sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement