Jumat 12 Aug 2016 13:37 WIB

Aher Lepas 1.122 Pramuka untuk Jambore Nasional

Red: Angga Indrawan
Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melepas 1.122 anggota Pramuka yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2016.

"Dan saya berpesan kepada adik-adik Kwarda Pramuka Jabar untuk menjaga moralitas, sopan santun, dan menjaga karakter dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan Jawa Barat yang terbaik," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan di aula barat Gedung Sate Bandung, Jumat (12/8).

Aher berharap seluruh anggota kontingen menjalankan tugasnya dengan baik sehingga kontingen bisa pulang dengan membawa prestasi. Dia menjelaskan salah satu manfaat dari gerakan Pramuka seperti anggotanya bisa belajar banyak hal mulai dari pendidikan kedisiplinan hingga mental.

"Saya sepakat bahwa Pramuka adalah salah satu cara untuk membangun karakter," kata Aher.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi menuturkan Kwarda Pramuka Jawa Barat juga diminta untuk mengisi acara utama dalam bentuk "unjuk kabisa" kreasi seni kepramukaan dan budaya pada upacara pembukaan Jamnas ke-20 tersebut.

"Tentunya ini sebuah prestasi bagi kami karena kami akan tampil di hadapan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka Pak Jokowi dan sejumlah menteri. Alhamdulillah ini sebuah kehormatan bagi kami," ujar dia.

Ia mengatakan pada kesempatan tersebut Kwarda Pramuka Jabar akan menampilkan "life skill" kepramukaaan dan penampilan kreasi bambu berupa kentongan serta aksi bela diri dari anggota pramuka putri. Menurut dia, dalam "unjuk kabisa" kreasi seni tersebut Kwarda Pramuka Jabar akan melibatkan 500 orang anggotanya dari mulai tingkat penggalang, penegak dan dewasa yang berasal dari Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Depok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement