Ahad 14 Aug 2016 12:24 WIB

Ini Pesan Jokowi Kepada Seluruh Anggota Pramuka

Red: Bayu Hermawan
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anggota Gerakan Pramuka agar menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin besar.

Saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Jambore Nasional X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Ahad (14/8), Presiden Jokowi mengatakan ke depan seiring dengan kompetisi yang terjadi antar negara, antar kawasan maka Indonesia dihadapkan dengan tantangan untuk memiliki daya saing dan produktivitas yang tinggi.

"Itulah tantangan yang akan saudara hadapi di masa depan," katanya di hadapan 25.000 peserta Jambore Nasional X yang datang dari seluruh Tanah Air.

Ia mengatakan anak-anak muda kelak akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang memiliki rentang geografis luas dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk 250 juta jiwa yang majemuk dan memiliki 17.000 pula serta dua pertiganya adalah lautan.

"Sebagai bangsa yang besar tantangan yang harus kita hadapi juga besar mulai kemiskinan, ketimpangan sosial, dan pengangguran," katanya.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta anak-anak muda anggota Gerakan Pramuka harus menyiapkan diri menjadi generasi muda Indonesia yang kuat dan tangguh. Selain juga diharapkan menjadi anak muda yang produktif, penuh optimisme, dan memiliki daya juang tinggi.

"Anak muda yang tidak takut bersaing, pantang menyerah, namun tetap menjadi anak muda yang mencintai sesama, rela menolong, menjaga sopan santun dan budi pekerti," katanya.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Presiden menambahkan bahwa pembinaan anak muda melalui Pramuka harus lebih digiatkan.

Acara yang bertemakan "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik" ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan seribu model pesawat ringan (chuck glider) oleh seribu peserta Jambore Nasional.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawalinya dengan melemparkan pesawat ringan masing-masing ke udara untuk kemudian diikuti oleh peserta lainnya.

Hadir dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini di antaranya ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jaksa Agung H.M. Prasetyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi S.P.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement