Jumat 02 Sep 2016 17:46 WIB

Muhammadiyah Targetkan 90 Persen Aset Tersertifikasi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammadiyah menargetkan 90 persen aset dan tanah wakaf segera tersertifikasi. Target tersebut terungkap dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Wakaf dan Kehartabendaan di Jakarta, Jumat (2/9).

Ketua PP. Muhammadiyah bidang Wakaf dan Kehartabendaan, Goodwill Zubir mengatakan Rakernas kali ini akan serius menyelesaikan masalah wakaf dan aset milik Muhammadiyah. Selain itu akan dibahas pula mengoptimalkan pemberdayaan serta melengkapi sertifikasi aset dan wakaf yang masih kurang.

"Kita target di periode PP Muhammadiyah saat ini dapat terselesaikan sampai 90 persen sertifikasi semua aset dan wakaf milik Muhammadiyah. Terutama yang berada di tempat jauh-jauh," kata dia kepada republika.co.id, Jumat (2/9).

Penyelesaian sertifikasi aset dan wakaf ini, menurutnya penting agar Muhammadiyah bisa mengetahui secara pasti berapa besaran aset dan wakaf Muhammadiyah tersebut. Juga bagaimana potensi itu bisa dioptimalkan pemberdayaannya untuk kemaslahatan umat.

Goodwill mengungkapkan setidaknya ada tiga hal yang ingin dicapai dalam Rakernas Aset dan Wakaf Muhammadiyah 2016 ini. Pertama tertib organisasi, berkaitan dengan tertib aset itu menjadi salah satu faktor pendukung. Kedua melengkapi sertifikasi aset dan wakaf yang diamanahkan ke muhammadiyah.

"Yang belum tersertifikat bisa mendapatkan sertifikat semua, dan kalau masih atas nama pribadi atau pengurus bisa segera dialihkan menjadi nama muhammadiyah," ujarnya.

Bila sudah tersertifikasi, baru bisa diketahui pasti besaran aset dan wakaf muhammadiyah semuanya. Kemudian setelah itu memetakan pemberdayaan dan optimalisasi aset dan wakaf tersebut.

Selama ini Muhammadiyah dikenal dengan aset dan wakaf yang nilainya  cukup besar, mencapai triliunan. Namun tidak ada data pasti berapa jumlah nilai aset yang dimiliki Muhammadiyah tersebut.

Sebagai gambaran dari database sementara Muhammadiyah, organisasi yang didirikan sejak 1912 ini telah memiliki 199 Perguruan Tinggi, 457 Rumah Sakit hingga Rumah Bersalin dan Balai Kesehatan, 4.623 TPA/TPQ, 2.604 SD/MI, 1.772 SMP/MTs, 1.143 SMA/MA, 67 Pondok Pesantren, 318 Panti Asuhan, 54 Panti Jompo, 82 Rehabilitasi Cacat, 71 SLB, 6.118 Masjid, 5.080 Musholla dan 20. 945.504 meter persegi tanah wakaf.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ تُرْجِيْ مَنْ تَشَاۤءُ مِنْهُنَّ وَتُـْٔوِيْٓ اِلَيْكَ مَنْ تَشَاۤءُۗ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكَۗ ذٰلِكَ اَدْنٰٓى اَنْ تَقَرَّ اَعْيُنُهُنَّ وَلَا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَآ اٰتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَلِيْمًا
Engkau boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang engkau kehendaki di antara mereka (para istrimu) dan (boleh pula) menggauli siapa (di antara mereka) yang engkau kehendaki. Dan siapa yang engkau ingini untuk menggaulinya kembali dari istri-istrimu yang telah engkau sisihkan, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan mereka rela dengan apa yang telah engkau berikan kepada mereka semuanya. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun.

(QS. Al-Ahzab ayat 51)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement