Rabu 07 Sep 2016 10:16 WIB

PM Lee Ajak ASEAN Perangi Zika Bersama

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.
Foto: Reuters
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

REPUBLIKA.CO.ID, VIENTIANE -- Virus zika telah menyebar ke wilayah Asia Tenggara. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengajak negara-negara ASEAN memerangi wabah zika bersama-sama agar perdagangan regional tidak terkena dampak.

"Nyamuk Aedes banyak ditemukan di wilayah kita dan zika dapat menjadi wabah besar, seperti demam berdarah," ujar Lee, dalam KTT ASEAN ke-28 di Laos, Selasa (6/9), dilansir dari Strait Times.

Menurutnya, kampanye wabah zika akan terus dilakukan dan diperpanjang untuk memastikan aktivitas perdagangan masih terus terbuka antarnegara. Lee juga menegaskan kesediaan Singapura bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk memerangi zika.

Baca: Singapura Umumkan Daerah Baru yang Berpotensi Zika

Kasus zika dilaporkan telah sampai di Thailand, Filipina, Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Sebanyak 72 negara terdampak sejak penyebarannya pada 2007.

Selain masalah zika, Lee mengingatkan masalah lainnya yang harus dihadapi negara ASEAN adalah masalah kabut asap, yang harus ditangani bersama. Masalah ini bisa dimasukan ke Sistem Monitoring Kabut Asap ASEAN yang akan mengirim sinyal kuat kepada perusahaan bandel yang telah menyebabkan polusi asap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement