Ahad 11 Sep 2016 12:29 WIB

Waduh, Sudah 84 Ibu Hamil di Florida Terserang Zika

Rep: Sri Handayani/ Red: Reiny Dwinanda
 Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.
Foto: Reuters/ Paulo Whitaker
Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.

FLORIDA -- Sebanyak 84 ibu hamil di Florida dinyatakan positif terinfeksi zika. Lima belas orang di antaranya telah melahirkan. 

Belum jelas berapa banyak kasus yang menyebabkan komplikasi. Seperti dilansir USA Today, terdapat bayi lahir dengan mikrosefalus di Jackson Memorial Hospital, Miami. 

Data lebih rinci mengenai kejadian ini belum dipublikasikan luas, sehingga tidak jelas berapa banyak kasus yang terjadi. Tidak diketahui pula apakah kejadian ini berasal dari virus lokal atau terkait dengan kegiatan bepergian ke wilayah endemik Zika. 

Virus Zika juga menyerang 56 orang lainnya di Florida. Mereka kebanyakan berasal dari Miami-Dade City. Ada pula 604 kasus terkait aktivitas ke daerah terjangkit Zika. 

"Zika benar-benar terjadi. Ketika kita tidak benar-benar memahaminya, tidak heran jika kita terjangkit," ujar seorang dokter lokal, seperti dilansir ABCnews.

Di Miami, pemerintah melakukan penyemprotan insektisida untuk menangkal nyamuk pembawa virus Zika. Walaupun diklaim aman, penyemprotan insektisida yang disebut sebagai naled ini memicu protes dari penduduk yang khawatir terhadap dampak lanjutan zat tersebut. 

Protes ini sempat menghambat pelaksanaannya selama sehari. Tindakan lanjutan akan dilakukan Ahad pekan depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement