Rabu 21 Sep 2016 16:00 WIB

Mengintip Bagian Dalam Tokyo Camii

Red: Agung Sasongko
Seorang Muslim saat beribadah di salah satu masjid di Kota Tokyo, Jepang.
Foto: blogspot.com
Seorang Muslim saat beribadah di salah satu masjid di Kota Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Memasuki bagian dalam Tokyo Camii, kita akan bisa menemukan daun pintu yang dihiasi oleh motif geometris. Keanggunan daun pintu ini dihiasi pula oleh ukiran yang cukup apik. Pada bagian atas daun pintu ini tertulis pula huruf Arab yang bertuliskan “bismillah”.

Kemegahan dan keindahan masjid ini semakin terasa paripurna saat memasuki bagian dalamnya. Melongok ke bagian kubah, mata kita akan dibuat berbinar-binar dengan racikan warna yang begitu cerah. Tampilan interior semacam ini semakin jelas memperlihatkan adanya adopsi dari gaya masjid Turki.

(Baca: Kemegahan Tokyo Camii)

Di bawah kubah, menjuntai sebuah lampu kristal yang menggantung pada sebuah rantai. Saat menyala, lampu kristal ini semakin menghidupkan warna-warna cerah yang ada di sekitar interior. Kaligrafi bertulis huruf Arab hampir mengisi setiap sudut ruang interior masjid ini. Di bagian tembok pilar hingga di bagian kubah semuanya tersaji.

Bagian mihrab pada masjid ini terlihat begitu anggun. Pilihan warna kuning emas menghiasi dua pilar yang ada di bagian ini. Mihrab masjid ini sesungguhnya tidak terlalu besar, namun pilihan warna kuning-putih dengan bagian tengahnya berbentuk cekung membuatnya cukup indah dipandang.

Sedangkan, bagian lain yang cukup menarik perhatian terdapat pada mimbar masjid. Model semacam ini juga kerap ditemukan di sejumlah masjid yang ada di Turki. Posisi mimbar ini menjorok hingga ke deretan shaf jamaah. Bagian ini tak luput pula dihiasi oleh ornamen yang cukup memikat.

Jadi rasanya, tak salah jika Anda sudah berada di Tokyo untuk singgah ke masjid ini. Ibarat sebuah kata pepatah lawas, menyelam sambil meminumair maka tatkala menyambangi masjid ini kita bisa beribadah sekaligus juga menikmati keindahan arsitektur Islam yang megah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement