Jumat 23 Sep 2016 09:00 WIB

Batik Hesandra Khas Kaltim Miliki Warna yang Cerah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Kain batik kaltim
Foto: Istimewa
Kain batik kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) Kalimantan Timur, sekaligus pemilik dari Hesandra, Fanti WN mengungkapkan, batik khas Kaltim dari Hesandra memiliki warna yang lebih cerah. "Istimewa, kita beda yang lain, kita bicara Hesandra, pewarnaannya selalu punya ciri khas warna-warni cerah," kata dia, di Jakarta, Kamis (22/9).

Ia mengatakan, pewarnaan dari Batik Hesandra memang menggunakan bahan kimia. Karena itu batik yang dihasilkan memiliki warna terang. Untuk pewarnaan alami, memang diakui Fanti masih banyak kendalanya. Namun, warna cerah memang lebih banyak diminati oleh masyarakat Kalimantan. "Orang Kalimantan warna alam tidak terlalu suka. Tapi, kalau orang Eropa, Jepang lebih suka warna alam," ujar Fanti.

Selain itu, batik Hesandra, dia mengatakan biasanya membuat motif yang tidak berkutat pada satu daerah saja. Fanti menyebut batik Hesandra berusaha terus memperluas motif dari flora, fauna dan budaya yang diimplementasikan ke dalam batik dan bordir.

Ia mengungkapkan, setiap suku di Kalimantan memiliki ciri khas yang berbeda-beda, dan mereka tidak dapat disatukan. Batik Kalimantan pun sering diidentikkan dengan motif Dayak. Padahal ada keberagaman lainnya seperti Kutai, Bugis dan lainnya. "Kami berusaha kampanyekan bahwa Kaltim tidak hanya Dayak, tapi juga ada Kutai dan lainnya," ungkap Fanti.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ لَّآ اَجِدُ فِيْ مَآ اُوْحِيَ اِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلٰى طَاعِمٍ يَّطْعَمُهٗٓ اِلَّآ اَنْ يَّكُوْنَ مَيْتَةً اَوْ دَمًا مَّسْفُوْحًا اَوْ لَحْمَ خِنْزِيْرٍ فَاِنَّهٗ رِجْسٌ اَوْ فِسْقًا اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَّلَا عَادٍ فَاِنَّ رَبَّكَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Katakanlah, “Tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi – karena semua itu kotor – atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh, Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-An'am ayat 145)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement