Rabu 12 Oct 2016 01:10 WIB

Pelaku Industri Penyiaran Dunia Bakal Kumpul di Bali

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
Pemancar radio. Ilustrasi
Foto: .
Pemancar radio. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia bakal menjadi tuan rumah acara akbar tahunan industri penyiaran dunia. Acara yang disebut Asia Pacific Broadcasting Union ke 58 ini kali kedua diadakan di Indonesia.

Untuk acara tahun ini, para pelaku industri penyiaran dari 74 negara akan berkumpul di Nusa Dua Bali. Mereka akan menghadiri beragam rangkaian acara di acara yang bertema Media for The Future ini. "Akan ada 400 sampai 500 delegasi dari 74 negara di seluruh dunia untuk acara ABU ini," ujar Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf selaku penyelenggara acara, Selasa (11/10).

Dia mengatakan, beberapa isu penting yang akan diangkat dalam gelaran akbar ini adalah terkait bagaimana industri penyiaran bisa berkontribusi aktif mengkampanyekan isu lingkungan juga solusinya. Selain itu juga isu mengenai kesenjangan hak asasi wanita.

"Di tahun 2008 kami juga menjadi tuan rumah. Pesan yang kita sampaikan saat itu adalah mengenai green radio. Yang mana akan kita sampaikan juga nanti bagaimana kita menjaga lingkungan," katanya, dikutip dari rilis resmi LPP RRI.

Dia mengatakan, acara akan diisi dengan seminar, forum diskusi, pemberian penghargaan dan rangkaian acara lain. "Nanti juga ada radio pasasr. Kita akan memperkenalkan keunikan Indonesia, cara mendengarkan radio yang tidak ada di negara lain, ada juga deklarasi WBU (world broadcasting union)," tambahnya.

Ditambahkan Direktur Utama LPP RRI, Muhammad Rohanuddin, dalam acara ini, sebagai tuan rumah, Indonesia akan mengedepankan visi kebangsaaan dan keseragaman berbangsa. "Kita akan memperkenalkan pada dunia bahwa Indonesia aalah negara berdaulat. Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity," tambahnya.

Acara ini akan digelar di Nusa Dua Bali mulai 18 hingga 24 Oktober 2016, dan acara puncaknya akan dibuka rencananya oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Oktober 2016.

Selain itu, sejumlah menteri juga dijadwalkan hadir dan menjadi pembicara di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohanna Yembise.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement