Sabtu 12 Nov 2016 20:19 WIB

PFI Medan Gelar Lelang Foto Sinabung

Red: Hazliansyah
Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.
Foto: Antara/Septianda Perdana/ca
Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, KARO, SUMUT -- Pewarta Foto Indonesia Medan menggelar pameran dan lelang foto Sinabung di lapangan hunian sementara di Desa Ndokum Siroga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu.

Ketua Pewarta Foto Indonesia (FPI) Medan Rahmad Suryadi mengatakan, foto-foto yang dipamerkan merupakan karya terbaik sejumlah fotografer Kota Medan dari hasil liputan bencana alam erupsi Gunung Sinabung dan kawasan yang terdampak.

"Hasilnya kita sumbangkan kepada para pengungsi bencana alam erupsi Gunung Sinabung," kata Rahmad.

Erupsi Gunung Sinabung, kata Rahmad, telah berlangsung selama enam tahun dan masih terus berlangsung yang membuat ribuan kepala keluarga harus meninggalkan rumah dan ladang untuk menetap di posko-posko pengungsian.

Dia berharap kegiatan yang dilakukan PFI Medan kembali menggugah perhatian dan komitmen pemerintah serta elemen masyarakat untuk tetap terus memberikan bantuan moril maupun materil sehingga menjadi sinyal positif bagi pengungsi.

Pameran dan lelang foto tersebut merupakan rangkaian dari pelantikan pengurus PFI Medan yang memilih tempat di lokasi terbuka berjarak kira-kira 9 kilometer dari Gunung Sinabung, Karo.

"Karo telah menjadi rumah kedua bagi para pewarta foto, dan ini bentuk apresiasi kami terhadap warga yang telah banyak membantu kami menjalankan tugas jurnalistik," kata Rahmad.

Acara dimeriahkan dengan penampilan seni budaya etnis Karo yang dibawakan puluhan anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung yang menetap di hunian relokasi di Desa Siosar, dan pemberian piagam penghargaan kepada elemen masyarakat Karo atas kepedulian membantu terdampak dan pewarta foto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement