Selasa 29 Nov 2016 10:44 WIB

Texas Laporkan Zika Lokal Pertama

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
 Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.
Foto: Reuters/ Paulo Whitaker
Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Otoritas kesehatan Texas melaporkan kasus zika pertama yang ditularkan nyamuk lokal, Senin (28/11). Sebelumnya, kasus zika di Texas selalu ditularkan dari orang-orang yang bepergian.

Virus zika menyebar dengan cepat di AS tahun lalu. Namun sebagian berasal dari penularan di luar negeri. Florida adalah satu negara bagian yang melaporkan penularan dari nyamuk lokal.

Kini Texas pun demikian. Departemen Kesehatan Texas mengatakan pasien adalah perempuan yang tinggal di Cameron County, perbatasan dengan Meksiko.

Saat ini ia tidak sedang hamil dan tidak bepergian kemana pun. "Kita tahu ini cuma masalah waktu sebelum zika menyebar dari nyamuk di Texas," kata komisioner departemen kesehatan, Dr John Hellerstedt.

Ia berharap virus tidak cepat menyebar meski diperkirakan akan ada kasus lain bermunculan. Setiap penduduk diminta menjaga dirinya sendiri dari gigitan nyamuk. Saat ini belum ada dugaan kasus transmisi lokal lainnya.

Pasien pertama dikonfirmasi memiliki zika setelah menjalani tes urin. Meski demikian, uji darah menunjukkan hasil negatif. Ini berarti virus tidak akan ditularkan lagi pada nyamuk darinya.

Infeksi zika sering kali tidak disertai gejala. Sehingga setiap orang sulit mengidentifikasi secara langsung. Texas sebelumnya mencatat 257 kasus karena penularan dari luar.

Pada Agustus lalu, seorang bayi baru lahir meninggal karena mikrosefalia diduga berasal dari zika. Departemen kesehatan Texas mengonfirmasi ibu si bayi pernah pergi ke Amerika Latin saat sedang hamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement