Kamis 01 Dec 2016 17:36 WIB

Ketika Perempuan Cantik Bicara Soal Usia Cantik

Rep: MGROL 90/ Red: Indira Rezkisari
Novita Angie (kiri), Hanifa Ambadar, Dewi Lestari, dan Dian Sastrowardoyo (kanan) saat membahas usia cantik, Rabu (30/11).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Novita Angie (kiri), Hanifa Ambadar, Dewi Lestari, dan Dian Sastrowardoyo (kanan) saat membahas usia cantik, Rabu (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi seorang perempuan, cantik memiliki arti yang begitu luas. Salah satunya adalah merasa bertambahnya usia justru membuat perempuan kelihatan lebih cantik dari saat lebih muda dulu.

Kemarin (30/11), sejumlah perempuan diajak berbincang soal usia cantik. Pembahasan itu diikuti oleh Hanifa Ambadar, CEO dan co-founder Female Daily Network, penulis Dewi Lestari, serta presenter Novita Angie, dan artis Dian Sastrowardoyo.

“Saya merasa berada di usia cantik itu ya sekarang bukan di usia 20, karena sekarang semua aspek dari kehidupan jauh lebih baik daripada waktu dulu,” ujar Hanifa Ambadar. Dewi Lestari pun setuju. Ia merasa di usianya yang 40 tahun justru ia lebih menawan.

"Ini juga bukan sekedar angka tahun saja tapi ada aspek kita menerima diri kita sendiri dan itu bukan sesuatu yang mudah,” ujar Dewi. Ia melanjutkan, ketika menerima diri sendiri berarti menerima pula masa lalu, juga menerima kesalahan yang pernah dibuat.

Artinya, kata Dewi, perempuan semakin tua harus makin bisa belajar mencintai diri sendiri dari segala aspek. Tentunya bukan berarti berhenti belajar atau memperbaiki diri.

Dian Sastrowardoto menambahkan di usianya yang kepala tiga ia merasakan banyak peningkatan dalam hidup. Ia pun selalu bersyukur bahkan atas hal-hal kecil. Dian merasa rasa syukurnya selalu bisa mengubah hal negatif jadi positif.

Usia cantik pun dirumuskan Dewi Lestari dengan mampu menata hati dan hidup yang dengan baik. "Menurut saya hidup yang baik itu tidak perlu yang glamor dan paling keren tetapi kita harus mensyukuri yang kita miliki dan itu menambah betapa berharganya di usia saat ini."

Hanifa mengatakan lagi usia cantik sama dengan sudah menjalani keberhasil dan kegagalan. Kemudian berani bersikap nyaman dengan kehidupan dan menyadari betapa hidup pasti berproses.

"Terus juga kita sudah tau apa yang kita mau, ke depannya bagaimana dan beberapa tahun ke depan mau jadi apa. Tidak ada lagi yang membatasi kita untuk menjadi yang terbaik untuk diri," tutur Hanifa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement