Senin 12 Dec 2016 08:12 WIB

Haedar Nashir Ajak Teladani Sikap Jujur Nabi Muhammad

Rep: Marniati/ Red: Indira Rezkisari
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, umat Islam Indonesia diharapkan dapat meneladani sikap Nabi Muhammad dalam hal jujur dan amanah. Ketua umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, bangsa Indonesia khususnya para elite sangat penting membuktikan kejujuran dan amanah dalam mengurus rakyat dan negara.

"Bangsa ini dirundung banyak masalah seperti korupsi dan lain-lain karena warga dan para pejabat publik serta pemimpinnya hilang kejujuran dan amanah," ujar Haedar Nashir saat dihubungi Republika.co.id, (12/12).

Untuk itu, kejujuran dan amanah harus menjadi kesadaran bersama bangsa Indonesia sehingga menciptakan budaya kolektif. Ia melanjutkan, nabi Muhammad juga harus menjadi uswah hasanah atau teladan yang baik dalam membangun peradaban. Dengan demikian Muslim dapat menjadikan Islam sebagai din al-hadlarah atau menjadi agama peradaban berkemajuan.

Umat Islam tidak boleh menjadi umat yang lemah dan tertinggal, namun harus menjadi khayra ummah atau umat unggulan. Jika ingin merebut peradaban maka umat Islam harus  berkemajuan. Sehingga sintesis antara umat atau bangsa berkarakter mulia dan berkemajuan menjadi kepentingan utama umat Islam dan bangsa Indonesia dalam meneladani Nabi akhir zaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement