Senin 19 Dec 2016 17:59 WIB

Gubernur BI Blusukan ke Blok M

Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menunjukan uang rupiah baru saat peluncuran uang baru di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menunjukan uang rupiah baru saat peluncuran uang baru di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Senin (19/12) 'blusukan' atau berkeliling di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan. Tujuannya untuk menyosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru yang bertanda 12 gambar pahlawan nasional.

Di Senin siang yang panas itu, Agus berpenampilan berbeda dengan biasanya ketika dia selalu tampil rapih mengenakan jas ataupun batik. Agus blusukan mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam mirip dengan penampilan Presiden Joko Widodo ketika blusukan menyapa masyarakat. Sontak, penampilan Agus itu mengundang rasa heran masyarakat sekitar, termasuk para jurnalis yang sudah menunggu di lokasi sosialisasi dan penukaran uang rupiah lama dengan uang rupiah baru. "Kok tumben mengenakan hitam putih Pak," tanya sejumlah orang. Agus hanya tersenyum, tanpa menjawab.

Di Blok M Square, Gubernur BI mengerahkan dua mobil penukaran uang dengan total uang baru yang disediakan Rp 1,5 miliar. Masing-masing warga boleh menukar uang lamanya dengan uang baru maksimal Rp 3,8 juta per orang.

Setelah menyosialisasikan mengenai 11 pecahan uang rupiah baru, Agus bekeliling ke lantai 1 Blok M Square. Saat memasuki pusat perbelanjaan tersebut, sejumlah pegawai toko dan juga pengunjung bertanya-tanya. "Itu Gubernur mana ya, Gubernur DKI Jakarta?," tanya salah satu pegawai toko yang menjual seragam sekolah.

"Bukan, itu Gubernur Bank Indonesia, bank juga punya gubernur, bukan hanya Jakarta," kata salah satu pegawai BI yang mengikuti blusukan itu, sambil terkekeh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement