Jumat 23 Dec 2016 17:15 WIB

Anjing Pelacak Bantu Amankan Perayaan Natal di Kota Malang

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah
Jelang perayaan Natal anjing dari Canine Kota Malang (K-9) melakukan simulasi penyisiran di Gereja Santo Albertus Blimbing Kota Malang, Jumat (23/12).
Foto: Christiyaningsih/Republika
Jelang perayaan Natal anjing dari Canine Kota Malang (K-9) melakukan simulasi penyisiran di Gereja Santo Albertus Blimbing Kota Malang, Jumat (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dua ekor anjing pelacak diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal di Kota Malang. Dua anjing pelacak dari Canine Community (K-9) pada Jumat (23/12) melakukan simulasi penyisiran di Gereja Santo Albertus Blimbing Kota Malang.

Toto Puji Widodo selaku Ketua K-9 Malang mengungkapkan pihaknya sering berlatih dan menjalin kemitraan dengan Brimob. "Karena sering ada kemitraan maka kami diminta ikut mengamankan perayaan Natal. Gereja ini dipilih karena kebetulan ada salah satu anggota komunitas yang jadi jemaat di Gereja Santo Albertus," kata Toto saat ditemui di sela simulasi, Jumat (23/12).

Penyisiran oleh anjing pelacak menyasar seluruh ruang yang digunakan jemaat untuk beribadah. Penyisiran akan kembali dilakukan pada Sabtu (24/12) siang atau beberapa jam sebelum misa Natal dimulai.

Pastur Kepala Gereja Santo Albertus Blimbing, Romo Anton Setio Darmanto, menyatakan penyisiran ini semakin meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat dalam misa Natal esok (24/12). "Setiap tahun sebelum perayaan Natal ada penyisiran oleh aparat keamanan," ujar Romo Anton.

Rencananya gereja akan menggelar dua kali misa Natal pada Sabtu (24/12). Misa pertama dilaksanakan pukul 17.00 WIB dan misa kedua pada pukul 20.00 WIB. Diperkirakan total ada lima ribu jemaat yang akan mengikuti kedua misa tersebut.

Pada Ahad (25/12) Gereja Santo Albertus Blimbing kembali menggelar misa pada pukul 08.00 WIB. Misa pagi ini ditaksir akan diikuti seribu jemaat dewasa dan 700 jemaat anak-anak. Sedangkan sore harinya pukul 18.00 WIB juga diselenggarakan misa yang akan diikuti sekitar 750 jemaat. "Karang taruna setempat ikut membantu pengawalan gereja selama misa," tandas Romo Anton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement