Rabu 11 Jan 2017 06:30 WIB

Xi Menjadi Pemimpin Cina Pertama yang Hadir di Forum Ekonomi Dunia Davos

Red: Nidia Zuraya
Xi Jinping
Foto: REUTERS/Lintao Zhang
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, DAVOS -- Presiden Xi Jinping akan menjadi kepala negara Cina pertama yang akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss. Xi diperkirakan bakal menjadi pusat perhatian di forum yang akan berlangsung pada 17-20 Januari mendatang.

Kementerian Luar Negeri Cina pada Selasa (10/1) menegaskan kehadiran Xi pada pertemuan tahunan global para pemimpin politik, CEO dan selebriti memang sangat diharapkan banyak pihak.

Ketua eksekutif WEF Klaus Schwab mengatakan IA berharap Xi bisa menunjukkan bagaimana Cina akan mengambil sikap dan bertanggung jawab dalam urusan global, dimana dunia sangat membutuhkan konsep-konsep baru untuk menghadapi masa depan.

"Presiden Cina akan berada di Swiss pada 15-18 Januari dalam rangka kunjungan kenegaraan dan menghadiri pertemuan Davos," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang pada konferensi pers reguler, Selasa (10/1), seperti dikutip Reuters.

"Ia (Presiden Xi, Red) juga akan mengunjungi kantor PBB di Jenewa, dan kantor Organisasi Kesehatan Dunia dan Komite Olimpiade Internasional," kata Lu menambahkan.

Pemimpin dunia lainnya yang secara rutin selalu hadir dalam forum ekonomi dunia ini, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dipastikan tidak akan hadir di Davos pada tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement